Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Amplop Misteri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 2 Papringan Kudus

Sari, Ossi Lavita (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Amplop Misteri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 2 Papringan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (591kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (290kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (620kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (503kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (101kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran picture and picture berbantuan amplop misteri dalam proses pembelajaran dan menemukan peningkatan keterampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, transportasi serta pengalaman menggunakannya pada kelas IV SD 2 Papringan Kudus. Model pembelajaran picture and picture berbantuan amplop misteri adalah model pembelajaran yang memanfaatkan media gambar dalam menyampaikan materi sebagai pendukung proses pembelajaran, dengan berbantuan amplop misteri merupakan media berbentuk amplop yang berisi pertanyaan sebagai bahan diskusi kelompok. model pembelajaran picture and picture berbantuan amplop misteri terdapat delapan tahapan yaitu (1) penyampaian kompetensi; (2) Presentasi materi; (3) Penyajian gambar; (4) Pemasangan gambar; (5) Penajajakan; (6) Penyampaian kompetensi; (7) Amplop misteri; (8) Penutup. Hasil Belajar IPS yaitu perwujudan kemampuan akibat perubahan tingkah laku yang dilakukan oleh usaha pendidikan. Hasil belajar berupa kemampuan dalam domain kognitif, afektif, dan psikomotor. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah ada peningkatan ketrampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transprotasi serta pengalaman menggunakannya dengan penggunaan model pembelajaran picture and picture berbantuan amplop misteri pada siswa kelas IV SDN 2 Papringan Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SD 2 Papringan Kudus dengan jumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus disetiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang pembelajaran. Teknik tes digunakan untuk melihat hasil tes setelah tindakan. Data hasil observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan hasil tes dianalisis dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran picture and picture berbantuan amplop misteri dapat meningkatkan: (1) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase sebesar 66,38% dengan kriteria baik (B) dan meningkat di siklus II menjadi 85,19% dengan kriteria sangat baik (SB). (2) Aktivitas belajar siswa secara individu pada siklus I memperoleh presentase sebesar 73% dengan kriteria baik (B), dan meningkat di siklus II menjadi 82.18% dengan kriteria baik (B). Aktivitas kelompok pada siklus I memperoleh presentase sebesar 76,86% dengan kriteria baik (B), dan meningkat di siklus II menjadi 87,50% dengan kriteria sangat baik (SB) (3) hasil belajar siswa ranah kognitif siklus I memperoleh persentase sebesar 68,18% dan meningkat di siklus II menjadi 86,36%. Hasil belajar ranah afektif pada sikus I memperoleh persentase sebesar 71,7% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,07%. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I memperoleh persentase sebesar 71,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,93%. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran picture and picture berbantuan amplop misteri dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SD 2 Papringan Kudus. Saran dalam penelitian ini yaitu guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bersifat kontekstual dan menggunakan media gambar dalam menyampaikan materi pembelajaran, serta media yang bersifat rahasia sebagai bahan diskusi dengan siswa. Siswa hendaknya aktif dalam proses pembelajaran secara individu maupun kelompok dan terlibat aktif dalam kegiatan diskusi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Picture and picture, Berbantuan Amplop Misteri.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 07:09
Last Modified: 22 Nov 2016 07:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6400

Actions (login required)

View Item View Item