Penerapan Konseling Behavioristik Dengan Teknik Modeling Untuk Mengatasi Siswa Yang Tidak Menghargai Guru Saat Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Kelas Xi Sma N 1 Karanganyar Demak 2015/2016

Rini, Arum Puspa (2016) Penerapan Konseling Behavioristik Dengan Teknik Modeling Untuk Mengatasi Siswa Yang Tidak Menghargai Guru Saat Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Kelas Xi Sma N 1 Karanganyar Demak 2015/2016. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (191kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi perilaku siswa yang tidak menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas XI SMA N 1 Karanganyar Demak 2015/2016. Tujuan penelitian ini: 1. Mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku siswa yang tidak menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar dan, 2. Memberi bantuan dan mengatasi perilaku tidak menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas XI SMA N 1 Karanganyar Demak 2015/2016. Perilaku tidak menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar merupakan perilaku rendahnya etika dan sopan santun siswa terhadap guru. Sedangkan Konseling Behavioristik dengan Teknik Modeling adalah teknik untuk membantu siswa merubah perilaku yang diharapkan dengan melakukan pencontohan terhadap sang model. Model yang ada dalam proses konseling diharapkan dapat memudahkan siswa untuk mencontoh dan mengaplikasikan perilaku menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam kehidupan sehari-hari siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus, penelitian ini akan dilaksanakan di kelas XI SMA N 1 Karanganyar Demakdengan subjek penelitian 3 siswa yaitu DRL, RN dan FNF yang mempunyai perilaku tidak menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini melalui 5 tahapan yaitu Identifikasi kasus, diagnosis, prognosis, pemberian bantuan/treatment, evaluasi dan tindak lanjut. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian terlihat bahwa siswa berubah berperilaku menjadi perilaku yang menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar yaitu siswa mampu menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar seperti: mampu mendengarkan dengan baik saat proses pembelajaran berlangsung, mampu memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru saat mengajar, tidak bermain handphone saat proses pembelajaran berlangsung, tidak berbicara sendiri dengan temannya saat pembelajaran berlangsung, selalu mencatat tugas dan mata pelajaran yang diajarkan oleh guru, meminta ijin terlebih dahulu kepada guru ketika siswa mau keluar kelas, dan mengerjakan tugas serta PR yang diberikan oleh guru. Hal ini membuktikan bahwa penerapan konseling behavioristik dengan teknik modeling dapat mengatasi perilaku tidak menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Karanganyar Demak. Berdasarkan hasil penelitian studi kasus yang dilakukan pada siswa SMA N 1 Karanganyar Demak yang berjumlah 3 siswa dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling behavioristik dengan teknik modeling dapat mengatasi perilaku tidak menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar siswa SMA N 1 Karanganyar Demak. Untuk itu disarankan kepada: 1. Kepala sekolah untuk menciptakan kebijakan dalam memberikan sosialisasi tentang pentingnya perilaku menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar yang dapat menambah pengetahuan siswa dalam menghormati guru, 2. Guru BK di sekolah sebaiknya menindaklanjuti apa yang sudah dilakukan oleh peneliti secara terprogram dengan lebih baik dan bisa menerapkan layanan konseling behavioristik dengan teknik modeling untuk mengatasi masalah perilaku tidak menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar pada siswa, 3. Hendaknya siswa mampu menyadari akan tugas dan kewajibannya sebagai seorang pelajar untuk giat belajar, yang tercermin dalam perilaku dan menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar, 4. Penelitisebaiknya menindaklanjuti penelitian ini dengan berpijak pada hasil/temuan yang telah diperoleh dalam penelitian ini, sehingga kedepannya penerapan teknik modeling mampu mengatasi perilaku tidak menghargai guru saat kegiatan belajar mengajar pada siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd
Kata Kunci: Konseling Behavioristik dengan Teknik Modeling, Tidak Menghargai Guru Saat Kegiatan Belajar Mengajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Nov 2016 06:42
Last Modified: 22 Nov 2016 06:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6401

Actions (login required)

View Item View Item