Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Berbantuan Permainan Kartu Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Iv Sdn Kedungmulyo

Puspitasari, Diah Ayu (2016) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Berbantuan Permainan Kartu Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Iv Sdn Kedungmulyo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (599kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (497kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (554kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (195kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (98kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (233kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD berbantuan permainan kartu interaktif. Model pembelajaran cooperative learning adalah sebuah pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Cooperative learning tipe STAD merupakan model pembelajaran berbasis kelompok yang beranggota 4-5 siswa setiap kelompoknya. Permainan kartu interaktif merupakan permainan yang dilakukan dengan cara melempar kartu pertama, lalu siswa diminta untuk mencari kartu yang sesuai sehingga kartu tersebut dapat mengikuti kartu sebelumnya. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan siswa dalam rangka mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini merupakan siswa kelas IV SDN Kedungmulyo Jakenan Pati dengan siswa yang berjumlah 16. Tehnik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan tes. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kemampuan pemecahan masalah siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 74,39 dengan persentase ketuntasan belajar 68,75% mengalami peningkatan pada siklus 2 yang memperoleh nilai rata-rata 83,00 dengan persentase ketuntasan belajar 100%. Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD berbantuan permainan kartu interaktif siklus 1 memperoleh skor rata-rata 2,39 dengan kualifikasi cukup baik, meningkat pada siklus 2 yang memperoleh skor rata-rata 2,95 dengan kualifikasi baik. Keterampilan pengelolaan guru dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD berbantuan permainan kartu interaktif mengalami peningkatan pada siklus 1 ke siklus 2, yaitu skor rata-rata 3,20 dengan kualifikasi baik pada siklus 1 meningkat menjadi 3,59 dengan kualifikasi sangat baik pada siklus 2. Simpulan pada penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD berbantuan permainan kartu interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran guru. Peneliti menyarankan agar pelaksanaan pembelajaran matematika di SD harus melibatkan siswa untuk aktif dalam memecahkan masalah matematika. Guru dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD berbantuan permainan kartu interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Selain itu, untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD berbantuan permainan kartu interaktif dan mengajarkan langkah-langkah pemecahan masalah sehingga siswa memahami proses pemecahan masalah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, STAD, Permainan Kartu Interaktif, Pemecahan Masalah.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 07:17
Last Modified: 22 Nov 2016 07:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6404

Actions (login required)

View Item View Item