Peningkatan Pemahaman Tugas Perkembangan Karir Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Modelling Simbolik Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma N 1 Nalumsari Jepara Tahun Ajaran 2015/2016

Octana, Dani (2016) Peningkatan Pemahaman Tugas Perkembangan Karir Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Modelling Simbolik Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma N 1 Nalumsari Jepara Tahun Ajaran 2015/2016. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
1._COVER.pdf - Accepted Version

Download (341kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
2._BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
3._BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
4._BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
5._BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
6._BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
7._BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (33kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1. mendeskripsikan pemahaman tugas perkembangan karir sebelum dan sesudah mendapat layanan informasi dengan teknik modelling simbolik, 2. mendeskripsikan seberapa besar peningkatan pemahaman tugas perkembangan karir melalui layanan informasi dengan teknik modelling simbolik pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Nalumsari Jepara Tahun Ajaran 2015/2016. Hipotesis penelitian ini adalah: Layanan Informasi dengan teknik Modelling Simbolik dapat meningkatkan pemahaman tugas perkembangan karir yang rendah pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Nalumsari Tahun 2015/2016. Tugas perkembangan karir merupakan suatu kondisi dimana siswa dituntut agar mampu memahami serta mneyiapkan bekal ataupun upaya persiapan menuju jenjang karir. Tugas perkembangan karir meliputi 1. Siswa mempunyai perencanaan karir, 2. Siswa melakukan aktifitas pencarian informasi karir melalui berbagai sumber, 3. Siswa memiliki pengetahuan tentang pembuatan keputusan karir, 4. Siswa mengetahui informasi kerja berdasarkan minat, 5. Siswa mengetahui prasyarat pekerjaan yang disukai. 6. Siswa Mampu merealisasikan karir. Untuk mewujudkan hal tersebut peneliti berupaya untuk meningkatkan pemahaman tugas perkembangan karir melalui layanan informasi dengan teknik modelling simbolik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling (PTK BK) Penelitian tindakan bimbingan dan konseling dilakukan dalam 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus dilaksanakan selama 3 kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Subjek yang diteliti dalam penelitian PTK BK adalah siswa/i kelas XI IPS 1 SMA N 1 Nalumsari Jepara sebanyak 34 siswa yang terdiri dari 24 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Variabel penelitian: layanan informasi dengan teknik modelling simbolik (Variabel Bebas) dan peningkatan pemahaman tugas perkembangan karir (Variabel Terikat). Metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian pada pra siklus rata-rata yang diperoleh adalah 8,6 skor 293 kategori Sangat Kurang (SK) dengan presentase 39,8%. Pada siklus I pertemuan I jumlah skor 340 Dengan rata-rata 10 Dalam kategori Sangat Kurang (SK) dengan presentase 46%, Siklus I pertemuan II jumlah skor meningkat menjadi 443 dengan rata-rata 13 dalam kategori Kurang (K) dan siklus I pertemuan III jumlah skor meningkat menjadi 538 Dengan rata-rata 16 dalam kategori Kurang (K) dengan prrsentase 61,6%. Pada siklus II pertemuan I rata-rata diperoleh 19,7 dengan jumlah skor 670 kategori Cukup (C) dengan presentase 69,4%, pertemuan ke II rata-rata diperoleh 23 dengan jumlah skor 785 Kategori Baik (Baik) dengan presentase 79,8% dan pertemuan ke III rata-rata diperoleh 24 Dengan jumlah skor 837 kataegori Baik (B) dengan presentase 82,4%. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan Layanan Informasi dengan Teknik Modelling Simbolik dapat membantu dalam meningkatkan pemahaman tugas perkembangan karir pada siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Nalumsari Jepara Tahun Ajaran 2015/2016. Saran yang diberikan 1. Bagi Sekolah, diharapkan dapat meaksanakan kegiatan pencegahan dan penyuluhan berkaitan dengan upaya pemahaman persiapan karir serta dampaknya. 2. Bagi Guru, keberhasilan pembelajaran ddlam kelas sangat dipengaruhi oleh penyampaian materi yang disampaikan guru, 3. Bagi siswa Diharapkan siswa dapat dan mampu lebih baik lagi dalam meningkatkan pemahaman tugas perkembangan karir siswa hingga berdampak pada terpenuhinya tugas perkembangan karir siswa sebagai upaya persiapan karir siswa hingga meminimalisir dampak ketidak pahaman tugas perkembangan karir yang harus dipenuhi. 4. Bagi peneliti berikutnya diharapkan peneliti yang berkenan melanjutkan layanan informasi dengan taknik modelling simbolik agar lebih kreatif dan inovatif untuk digunakan pada kegiatan layanan informasi dengan teknik modelling simbolik selanjutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Sunardi, M.Pd
Kata Kunci: Pemahaman Tugas Perkembangan Karir. Layanan Informasi Dengan Tehnik Modelling Simbolik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:29
Last Modified: 22 Nov 2016 07:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6405

Actions (login required)

View Item View Item