Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ipa Materi Hubungan Antara Struktur Bagian Tumbuhan Kelas Iv Sd 2 Megawon

Maulida, Indri (2016) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ipa Materi Hubungan Antara Struktur Bagian Tumbuhan Kelas Iv Sd 2 Megawon. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (807kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (442kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (365kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (203kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (161kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (807kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Contextual Teaching Learning (CTL) dan meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya siswa kelas IV SD 2 Megawon. Hasil belajar merupakan tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran. Contextual Teaching Learning merupakan model pembelajaran yang membantu siswa membuat hubungan antara materi dengan kehidupan melalui tujuh komponen yaitu konstruktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. Siswa dapat melakukan diskusi dan percobaan untuk memahami materi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD 2 Megawon Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Contextual Teaching Learning sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA materi hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal pada prasiklus 30% dengan nilai rata-rata 66,85. Siklus I menjadi 70% dengan nilai rata-rata 72,9 dan siklus II 90% dengan nilai rata-rata 80,3. Hasil belajar siswa ranah afektif mengalami peningkatan dari 61,40% pada siklus I menjadi 78,65% pada siklus II, hasil belajar siswa ranah psikomotor siklus I menjadi 78,65% pada siklus II, hasil belajar siswa ranah psikomotor mengalami peningkatan dari 57,34% pada siklus I menjadi 81,48% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran juga mengalami peningkatan dari 65% pada siklus I menjadi 83,8% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dengan model Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA, dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 2 Megawon Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Peneliti menyarankan pada siswa hendaknya melakukan percobaan dengan serius dan memperhatikan presentasi yang disampaikan oleh teman, saran untuk guru yaitu hendaknya mempelajari dan dapat menggunakan model Contextual Teaching Learning dalam pembelajaran IPA maupun pada pelajaran lain. Untuk sekolah, peneliti menyarankan hendaknya menyediakan media pembelajaran yang lebih variatif. Untuk peneliti selanjutnya yaitu perlu adanya penguasaan kelas yang lebih baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Hasil belajar IPA, Hubungan Antara Struktur Bagian Tumbuhan dengan Fungsinya.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 07:35
Last Modified: 22 Nov 2016 07:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6407

Actions (login required)

View Item View Item