Pemanfaatan Media Alam Sekitar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas Iv Sd 2 Jurang Kudus

Muhtarom, Hadi (2016) Pemanfaatan Media Alam Sekitar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas Iv Sd 2 Jurang Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (387kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (395kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (123kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (168kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis deskripsi dengan diterapkannya model pembelajaran, contextual teaching learning berbantuan media alam pada siswa kelas IV SD 2 Jurang Gebog Kudus. Model pembelajaran , contextual teaching learning digunakan untuk mengembangkan proses belajar dimana siswa dalam memperoleh pengetahuan melalui lingkungan sekitar yang dipelajarinya. Media alam digunakan untuk membantu siswa mengurutkan deskripsi suatu objek untuk dibuat kerangka karangan. Deskripsi adalah adalah wacana yang menjelaskan gambaran suatu objek senyata mungkin. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis deskripsi siswa dengan diterapkannya model pembelajaran, contextual teaching learning berbantuan media alam pada siswa kelas IV SD 2 Jurang Gebog Kudus. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 20 siswa kelas IV SD 2 Jurang yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru, aktifitas siswa, lembar penilaian menulis karangan deskripsi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis deskripsi prasiklus (40,00%), siklus I (55,00%), siklus II (75,00%) dengan rata-rata nilai siswa prasiklus 58,85 menjadi 65,05 pada siklus I, dan 69,35 pada siklus II, didukung dengan prosentase skor aktivitas siswa siklus I sebesar 69,37% (Baik) menjadi 75,30% (Baik) pada siklus II. Prosentase skor keterampilan guru siklus I sebesar81,94% (Baik) menjadi 86,11% (Sangat Baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis dengan Pemanfaatan media alam sekitar melalui model contextual teaching and learning pada siswa kelas IV SD 2 Jurang Gebog Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Selanjutnya, peneliti memberikan saran kepada siswa untuk bersungguh-sungguh dalam kegiatan Pembelajaran dan berlatih terus menerus untuk menghasilkan tulisan yang baik. Bagi guru model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media alam sekitar dapat dijadikan referensi dalam pembelajaran khususnya bahasa Indonesia. Bagi sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk memperlancar proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Alam, contextual teaching learning, Keterampilan menulis deskripsi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 07:43
Last Modified: 22 Nov 2016 07:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6409

Actions (login required)

View Item View Item