Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Permainan Jamuran Materi Pecahan Siswa Kelas V Sdn Mintomulyo

Susanti, Budi (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Permainan Jamuran Materi Pecahan Siswa Kelas V Sdn Mintomulyo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (806kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (355kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (639kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (719kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (276kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (281kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (17MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas V SDN Mintomulyo setelah diterapkannya pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan permainan jamuran dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika setelah diterapkannya pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan permainan jamuran. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman belajar yang mencakup 3 aspek diantaranya ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Pendekatan Realistic Mathematics Education merupakan pendekatan pembelajaran yang yang berkaitan dengan masalah sehari-hari sehingga pembelajaran lebih nyata, namun lebih mengacu pada pengguanaan suatu situasi yang dapat dibayangkan oleh siswa untuk menemukan ide-ide matematika. Permainan jamuran adalah suatu permainan yang mengajak anak untuk bermain dan berkumpul di luar kelas yang membutuhkan ruang yang lapang dengan gambaran permainan anak saling bertautan tangan membentk sebuah lingkaran dan ada satu anak yang berda di tengah lingkaran anak tersebut. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan permainan jamuran dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan bagi siswa kelas V SDN Mintomulyo. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Mintomulyo, dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas adalah pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan permainan jamuran. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan yang cukup signifikan pada ranah kognitif siklus I 76,74 (ketuntasan klasikal 85,18%) dan siklus II 80,71 (ketuntasan klasikal 88,89%), pada ranah afektif siklus I 3,23 (cukup) dan siklus II 3,78 (baik), serta pada ranah psikomotorik siklus I 3,3 (cukup) dan siklus II 4,1 (baik). Pengelolaan pembelajaran pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan permainan jamuran juga mengalami peningkatan pada siklus I 3,3 (cukup) menjadi 4,1 (baik) pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan permainan jamuran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan kelas V SDN Mintomulyo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Mintomulyo dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan permainan jamuran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan kelas V SDN Mintomulyo. Dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan permainan jamuran, dapat membuat pembelajaran matematika terkesan lebih nyata dan menyenangkan sehingga mampu menumbuhkan minat belajar matematika bagi siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru dapat menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi lainnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education, Permainan Jamuran, Hasil Belajar, Pecahan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Mar 2019 01:46
Last Modified: 22 Mar 2019 01:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6411

Actions (login required)

View Item View Item