Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Bermain Peran Berbantuan Benda Konkret Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sd 6 Klumpit Kudus

Hikmawati, Khoirinnida Laili (2016) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Bermain Peran Berbantuan Benda Konkret Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sd 6 Klumpit Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (635kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (191kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (324kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (395kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (128kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (158kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (109kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Bermain Peran berbantu Media Benda Konkret dan menemukan Peningkatan Keterampilan Berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD 6 Klumpit Kudus. Keterampilan Berbicara merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa untuk mencapai tujuan pendidikan, dalam proses belajar mengajar yang terkait beberapa aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Bermain Peran merupakan salah satu model pembelajaran yang mengarahkan keaktifan siswa terhadap praktik pemeranan tokoh secara langsung melalui pembelajaran kelompok sehingga siswa tidak merasa jenuh. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Bermain Peran dapat meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Peristiwa yang pernah dialami bagi siswa kelas III SD 6 Klumpit Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart, yang berlangsung selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap penelitian yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD 6 Klumpit Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa yang teridri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan berbicara dengan ketuntasan nilai belajar Bahasa Indonesia siswa pada materi bercerita pengalaman yang pernah dialami dengan cukup signifikan antara siklus I (65 %), dan siklus II (95 %), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar Bahasa Indonesia siswa siklus I 68 % (baik) menjadi 87 % (sangat baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran model bermain pean juga mengalami peningkatan pada siklus I 78 % (baik) menjadi 98 % (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bercerita pengalaman yang pernah dialami kelas III SD 6 Klumpit Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas III SD 6 Klumpit dapat disimpulkan bahwa penggunaan model bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar khususnya keterampilan berbicara siswa pada materi bercerita pengalaman yang pernah dialami kelas III SD 6 Klumpit Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model bermain peran, guru harus membiasakan siswa dalam menyampaikan pendapat serta bercerita pengalaman pribadi agar siswa dapat menjelaskan dan menghayati materi secara kontekstual kemudian dapat mengembangkan daya berpikirnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Model Bermain Peran, dan Media Benda Konkret
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 08:14
Last Modified: 22 Nov 2016 08:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6412

Actions (login required)

View Item View Item