Penerapan Model Pakem Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Materi Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sd N 02 Puyoh

Wijayanti, Dina (2016) Penerapan Model Pakem Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Materi Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sd N 02 Puyoh. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
halaman_depan.pdf - Accepted Version

Download (659kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
bab_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
bab_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
bab_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
bab_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
bab_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
bab_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf - Accepted Version

Download (224kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam proses pembelajaran dengan diterapkannya model PAKEM, dan mendiskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran IPS dengan diterapkannya model PAKEM pada siswa kelas V SD N 02 Puyoh. Kualitas pembelajaran adalah tingkat keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru yang ditandai dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta pengembangan sikap dari siswa yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang direncanakan. PAKEM adalah sebuah pendekatan yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan beragam untuk mengembangkan keterampilan, sikap, dan pemahaman dengan penekanan belajar sambil bekerja.Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model PAKEM dapat meninngkatkan kualitas pembelajaran IPS materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD N 02 Puyoh. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD N 02 Puyoh dengan subjek penelitian 15 siswa.Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model PAKEM. Sedangkan variabel terikat adalah kualitas pembelajaran IPS.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai perilaku pembelajaran guru dalam proses pembelajaran pada siklus 1 69,7% dan siklus II 83,33%, didukung dengan peningkatan perilaku dan dampak belajar siswa pada siklus 1 53,67% dan siklus II 68%. Kualitas pembelajaran IPS yang meliputi iklim pembelajaran, media pembelajaran, dan iklim pembelajaran juga mengalami peningkatan pada siklus 1 71,88% dan siklus II 89,58%. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model PAKEM dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SD N 02 Puyoh. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD N 02 Puyoh dapat disimpulkan bahwa penerapan model PAKEM dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SD N 02 Puyoh. Untuk itu disarankan dalam penerapan model PAKEM, guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model pembelajaran agar siswa tidak mudah bosan dan tetap bersemangat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: PAKEM, Kualitas Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Nov 2016 09:01
Last Modified: 22 Nov 2016 09:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6419

Actions (login required)

View Item View Item