Implementasi Quantum Teaching Teknik Mnemonik Untuk Meningkatkan Kemampuan Memori Siswa Subtema Keanekaragaman Hewan Dan Tumbuhan Muatan Ipa Dan Ppkn

Veronita, Fenny (2016) Implementasi Quantum Teaching Teknik Mnemonik Untuk Meningkatkan Kemampuan Memori Siswa Subtema Keanekaragaman Hewan Dan Tumbuhan Muatan Ipa Dan Ppkn. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (589kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (440kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (97kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (179kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (26MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peningkatan kemampuan memori siswa dengan mengimplementasikan Quantum Teaching teknik mnemonik pada subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan muatan IPA dan PPKn. Kemampuan memori merupakan kekuatan suatu proses penyimpanan dari sejumlah pengalaman dan pengetahuan yang diaktifkan oleh saraf indera dan disimpan di otak. Penelitian ini menerapkan pembelajaran tematik dengan fokus penelitian muatan IPA dan PPKn. IPA dan PPKn merupakan suatu ilmu pengetahuan yang menyiapkan siswa untuk mengembangkan kemampuan memori yang dibangun atas dasar produk ilmiah, proses ilmiah, dan sikap ilmiah sehingga menjadi warga negara yang berpikir kritis, bertindak demokratis, dan mampu mengambil keputusan secara rasional. Model Quantum Teaching teknik mnemonik merupakan model pembelajaran yang membutuhkan partisipasi siswa untuk bekerja langsung dan membangun konsep secara sendiri dengan umpan balik pemanfaatan pembelajaran bagi siswa dengan menerapkan metode asosiasi. Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas dengan mengadopsi prosedur penelitian dari Hopkins. Penelitian akan dilaksanakan di kelas IV SD SN 1 Jekulo dengan subyek penelitian 39 siswa dengan prosedur penelitian dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Quantum Teaching teknik mnemonik, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan memorisiswasubtemaKeanekaragamanHewandanTumbuhanmuatan IPA danPPKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan Quantum Teaching teknik mnemonik dapat meningkatkan kemampuan memori siswa pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar pada subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan muatan IPA dan PPKn. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan diantaranya. (1) Pembelajaran pada aspek pengetahuan meningkat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu dari 63,675 menjadi 74,145 dengan peningkatan persentase ketuntasan 30,77% yang dipengaruhi jumlah siswa berkemampuan memori tinggi aspek pengetahuan pada siklus I ada 3 siswa menjadi 12 siswa. (2) Pembelajaran pada aspek sikap juga meningkat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu dari 41,87 menjadi 44,44 yang dipengaruhi jumlah siswa berkemampuan memori tinggi aspek sikap pada siklus I ada 4 siswa menjadi 15 siswa. (3) Pembelajaran pada aspek keterampilan juga meningkat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu dari 3,40 menjadi 3,90 yang dipengaruhi jumlah siswa berkemampuan memori tinggi aspek keterampilan pada siklus I yang belum terlihat, pada siklus II terdapat 12 siswa. (4) Peningkatanketerampilan guru mengelolapembelajaranpadasiklus I kesiklus II meningkatdaripersentase92,5% menjadi96,25%. Simpulandalampenelitianiniyaituimplementasi Quantum Teaching teknik mnemonikdalam pembelajaran subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan muatan IPA dan PPKndapatmeningkatkankemampuan memori siswa pada aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilansiswakelasIV SD SN 1 Jekulo Kudus tahunpelajaran 2015/2016. Saran dalampenelitianini,siswasebaiknyadapatmengikuti proses pembelajarandenganmendengarkanpenjelasan guru dengansungguh-sungguh, agar kemampuanmemorinyadapatmeningkat.Bagi guru hendaknyamenerapkan model pembelajaran yang menarikdaninovatifuntukmeningkatkankemampuanmemorisiswasertameningkatkankreativitassiswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching,Teknik Mnemonik, Kemampuan Memori
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Nov 2016 01:58
Last Modified: 23 Nov 2016 01:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6426

Actions (login required)

View Item View Item