Peningkatan Pemahaman Konsep Sifat Bangunruang Melalui Model Pembelajarankontekstual Berbantuan Mediapuzzle Siswa Kelas Iv Sd 7 Gondoharum

Kusumastuti, Dwi (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Sifat Bangunruang Melalui Model Pembelajarankontekstual Berbantuan Mediapuzzle Siswa Kelas Iv Sd 7 Gondoharum. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (495kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (381kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (608kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (138kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (192kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (17MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajarn kontekstual dan menemukan peningkatan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat bangun ruang pada siswa kelas IV SD 7 Gondoharum. Pemahaman konsep matematika merupakan kompetensi yang ditunjukkan oleh siswa dalam memahami konsep matematika yang dipelajari. Salah satu konsep matematika yang harus dipahami siswa adalah konsep geometri materi sifat-sifat bangun ruang. Peningkatan pemahaman konsep matematika dapat dilakukan melalui penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media puzzle. Penerapan model pembelajaran kontekstual dapat memberikan pengalaman langsung bagi siswa dalam menemukan konsep. Adapun langkah model pembelajaran kontekstual adalah constructivism, modelling, questioning, learning community, inquiry, authentic assesment,dan reflection. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 7 Gondoharum dengan subjek penelitian 22 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap planning, acting, observing, reflecting. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitif dan kualitatif. Hasil penelitian kemampuan pemahaman konsep siswa secara klasikal, pada prasiklus memperoleh skor rata-rata 32,5% dengan kategori sangat kurang meningkat pada siklus I menjadi 78,48% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 86,62% dengan kategori baik. Pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,3 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 2,93 dengan kategori baik. Dan pada hasil observasi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,18 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 3,44 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD 7 Gondoharum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media puzzle pada materi sifat bangun ruang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, meningkatkan aktivitas belajar siswa, serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika,Sifat Bangun Ruang, Model Pembelajaran Kontekstual, Media Puzzle.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Nov 2016 02:19
Last Modified: 23 Nov 2016 02:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6429

Actions (login required)

View Item View Item