Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Tema Keindahan Alam Menggunakan Pendekatan Whole Languageberbantuanaudiovisualpada Siswa Kelas V Sdn 1 Tumpangkrasak Kudus

Arfiani, Shinta (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Tema Keindahan Alam Menggunakan Pendekatan Whole Languageberbantuanaudiovisualpada Siswa Kelas V Sdn 1 Tumpangkrasak Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (385kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (174kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (286kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (158kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

.Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berbahasa pada aspek menulis pada siswa kelas V SDN 1 Tumpangkrasak Kudus. Hasil wawancara dengan guru kelas V didapatkan informasi bahwa menulis puisi merupakan salah satu pokok bahasan yang dianggap sulit di semester 2. Pemilihan kata atau diksi, merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi. Hal ini disebabkan karena kurangnya perbendaharaan kata yang dimiliki siswa. Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan pendekatan whole language berbantuan audiovisual pada siswa kelas V SDN Tumpangkrasak Kudus. .Pendekatan whole language merupakan suatu pendekatan untuk mempelajari bahasa secara keseluruhan yakni, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dengan pendekatan ini siswa belajar secara aktif mulai dari menyimak puisi yang dibacakan guru, berdiskusi tentang puisi, membaca puisi, dan akhirya dapat menulis puisi dengan bantuan audiovisual. Media audiovisual berfungsi untuk memudahkan siswa dalam berimajinasi, karena sifat dari audiovisual mengkonkretkan yang abstrak, sehingga siswa menemukan inspirasi berkata-kata yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya pendekatan whloe language berbantuan audiovisual pada siswa kelas V SDN 1 Tumpangkrasak Kudus dapat meningkat. .Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Tumpangkrasak Kudus dengan subjek penelitian 18 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan whole language berbantuan audiovisual, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 1 Tumpangkrasak Kudus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisisi secara kuantitatif dan kualitatif. .Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan whole language berbantuan audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar klasikal pada tes keterampilan menulis puisi siklus I 72,22% meningkat menjadi 88,89% pada tes keterampilan menulis puisi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 69,05 menjadi 81,67 pada siklus II, (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 80,56 dengan kriteria “sangat tinggi” dan meningkat pada siklus II menjadi 97,22 dengan kriteria “sangat tinggi”, dan (3) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 65,10 dengan kriteria “sedang” meningkat pada siklus II menjadi 75,43 dengan kriteria “tinggi”. .Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan whole language berbantuan audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 1 Tumpangkrasak Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan pendekatan whole language dalam meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa Indonesia dan guru harus kreatif membuat media agar pembelajaran lebih menyenangkan dan membantu siswa dalam proses belajar. Bagi siswa, hendaknya memiliki kebiasaan belajar yang baik sehingga pembelajaran lebih bermakna. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian lain yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis puisi, Whole Language, Audiovisual
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Nov 2016 02:27
Last Modified: 23 Nov 2016 02:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6430

Actions (login required)

View Item View Item