Meningkatkan Sikap Anti Kekerasan Terhadap Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik

Rahmawati, Desy (2016) Meningkatkan Sikap Anti Kekerasan Terhadap Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (473kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (101kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Dalam penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan Tindakan-tindakan dalam meningkatkan sikap anti kekerasan terhadap teman sebaya sebelum diberi Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolik pada Kelas XI TKR 1 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2015/1016, dan 2. Di perolehnya peningkatan sikap anti kekerasan terhadap teman sebaya setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik pada siswa kelas XI TKR 1 SMK Wisudha Karya Kudus. Sikap anti kekerasan terhadap teman sebaya adalah perilaku mengurangi bahkan menghilangkan konflik yang terjadi didalam lingkungan kelompok teman sebaya yang bermanfaat untuk menciptakan kehidupan yang harmonis serta dapat meningkatkan hubungan sosial mereka dengan teman sebaya. Ketika siswa sudah memiliki kesadaran dalam belajar, siswa tersebut akan memiliki keterampilan sosial yang baik. Untuk mewujudkan sikap anti kekerasan yang kurang, peneliti berupaya untuk meningkatkan sikap anti kekerasan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik. Bimbingan Kelompok adalah salah satu layanan bimbingan dan konseling yang memanfaatkan dinamika kelompok dalam pemecahan permasalahan yang dialami, dalam melakukan layanan bimbingan kelompok, peneliti menggunakan teknik modeling simbolik. Teknik modeling simbolik merupakan cara atau prosedur yang dilakukan dengan menggunakan media seperti video, filem, slide, atau dengan cara mendemonstrasikan prilaku yang dikehendaki. Hipotesis dalam penelitian ini adalah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik dapat dapat meningkatkan sikap anti kekerasan terhadap teman sebaya pada kelas XI TKR 1 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan dua siklus, tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian yakni delapan siswa kelas XI TKR 1 SMK Wisudha Karya Kudus yang memiliki kesadaran dalam belajar yang kurang. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan jenis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian dari pra siklus, siklus I ke siklus II.Hal ini terbukti bahwa pemahaman siswa terhadap sikap anti kekerasan terhadap teman sebaya mengalami peningkatan yang ditunjukkan pada pra siklus memperoleh hasil rata-rata skor (36%) masuk kategori kurang. Pada siklus I memperoleh rata-rata skor yaitu (45%) dengan kategori kurang baik. Pada siklus II memperoleh rata-rata skor yaitu (77%) dalam kategori baik. Sehingga peningkatan aktifitas siswa dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 32%. Jadi peningkatan kesadaran siswa dalam belajar dari pra siklus sampai siklus II sebesar 41%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mulai dari pra siklus memperoleh hasil rata-rata skor (36%) masuk kategori kurang. Pada siklus I memperoleh rata-rata skor yaitu (45%) dengan kategori kurang baik. Pada siklus II memperoleh rata-rata skor yaitu (77%) dalam kategori baik. Bahwa hipotesis yang menyatakan “Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolik dapat Meningkatkan Sikap Anti Kekerasan Terhadap Teman Sebaya Pada Kelas XI TKR 1 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016” diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan. Berdasarkan penelitian dilapangan peneliti dapat memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah sebagai koordinator seluruh kegiatan pelaksanaan pendidikan disarankan agar selalu memberi dukungan yang berupa kebijakan kepada konselor dalam hal pemberian layanan bimbingan dan konseling terutama layanan bimbingan kelompok untuk dapat menangani masalah yang dialami siswa terutama yang terkait dengan sikap anti kekerasan terhadap teman sebaya. 2. Kepada Guru Pembimbing perlu meningkatkan pelaksanaan program bimbingan dan konseling. Hendaknya pemberian layanan disesuaikan dengan permasalahan yang dialami siswa dan sebaiknya guru pembimbing menggunakan metode dan teknik yang lebih bervariasi pada saat melakukan pemberian layanan. 3. Kepada Siswa untuk mau terbuka kepada guru pembimbing tentang masalah yang dialami. Adanya keterbukaan dari siswa akan membantu siswa menyelesaikan masalah yang sedang dialaminya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Sikap Anti Kekerasan Terhadap Teman Sebaya, Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolik.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:37
Last Modified: 23 Nov 2016 02:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6431

Actions (login required)

View Item View Item