Penerapan Model Picture And Picture Berbantuan Media Puzzle Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 1 Prambatan Kidul Kudus

Anzarfani, Dian (2016) Penerapan Model Picture And Picture Berbantuan Media Puzzle Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 1 Prambatan Kidul Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (258kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (577kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (403kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (128kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, (1) peningkatan keterampilan guru pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi setelah diterapkannya model Picture And Picture berbantuan media puzzle siswa kelas IV SDN 1 Prambatan kidul, dan (2) menemukan peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi melalui model Picture And Picture berbantuan media puzzle siswa kelas IV SDN 1 Prambatan Kidul. Hasil belajar IPS merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Picture And Picture adalah teknik pembelajaran dengan menggunakan gambar sebagai media utama dalam proses pembelajaran. Puzzle merupakan suatu media pembelajaran berupa potongan-potongan gambar yang disusun hingga terbentuk menjadi gambar yang utuh.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Picture And Pictureberbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi bagi siswa kelas IV SDN 1 Prambatan Kidul. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Prambatan Kidul dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Picture And Picture berbantuan kartu kreasi dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi yang cukup signifikan antara siklus I (68%), dan siklus II (94%), didukung dengan peningkatan ranah afektif siswa pada siklus I 62% (baik) menjadi 83% (sangat baik) siklus II serta ranah psikomotorik siswa pada siklus I 53% (cukup) menjadi 83% (sangat baik). Pengelolaan pembelajaran model Picture And Picture berbantuan media puzzle juga mengalami peningkatan pada siklus I 67,35% (baik) menjadi 90% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Picture And Picture berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi perkembangan teknologi, produksi, dan komunikasi kelas IV SDN 1 Prambatan Kidul. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 1Prambatan Kidul dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Picture And Picture berbantuan media puzzleyang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi perkembangan teknologi, produksi, komunikasi kelas IV SDN 1 Prambatan Kidul. Saran bagi guru dalam menerapkan model Picture And Picture harus memberi pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penemuan konsep.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Picture And Picture, Media Puzzle, Hasil Belajar IPS, Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Nov 2016 02:53
Last Modified: 23 Nov 2016 02:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6435

Actions (login required)

View Item View Item