Penerapan Model Complete Sentence Berbantuan Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas Iv Sdn 1 Jurang Kudus

Prasetyo, Hendy (2016) Penerapan Model Complete Sentence Berbantuan Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas Iv Sdn 1 Jurang Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (685kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (52kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (182kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (56kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (26kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (41kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis deskripsi dengan diterapkannya model complete sentence berbantuan gambar pada siswa kelas IV SDN 1 Jurang Gebog Kudus. Model complete sentence digunakan untuk mengembangkan proses pembelajaran sebagaimana siswa belajar melengkapi paragraf yang belum sempurna dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia. Gambar digunakan untuk membantu siswa dalam mendeskripsikan suatu objek untuk dibuat kerangka karangan. Deskripsi adalah adalah wacana yang menjelaskan gambaran suatu objek senyata mungkin. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis deskripsi siswa dengan diterapkannya model complete sentence berbantuan gambar pada siswa kelas IV SDN 1 Jurang Gebog Kudus. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 16 siswa kelas IV SDN 1 Jurang yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah penerapan model complete sentence berbantuan gambar. Variabel terikat adalah keterampilan menulis karangan deskripsi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tes berupa tes kinerja menulis deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis karangan deskripsi prasiklus (50%), siklus I (56,25%), siklus II (81,25%) dengan rata-rata nilai siswa prasiklus 67,81 menjadi 68,93 pada siklus I, dan 78,06 pada siklus II, didukung dengan persentase skor aktivitas siswa siklus I sebesar 67,07% (Baik) menjadi 71,49% (Baik) pada siklus II. Persentase skor keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 81,94% (Baik) menjadi 86,11% (Sangat Baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan diterapkannya model complete sentence berbantuan gambar pada siswa kelas IV SDN 1 Jurang Gebog Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Selanjutnya, peneliti memberikan saran kepada siswa untuk bersungguh-sungguh dalam kegiatan pembelajaran dan berlatih menulis terus-menerus untuk menghasilkan tulisan yang baik. Bagi guru model complete sentence berbantuan gambar dapat dijadikan refensi dalam pembelajaran, khususnya bahasa Indonesia. Bagi sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk memperlancar proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: complete sentence, gambar, dan keterampilan menulis karangan deskripsi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Nov 2016 03:56
Last Modified: 23 Nov 2016 03:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6442

Actions (login required)

View Item View Item