Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas Iv Sd 3 Karangmalang

Fahrunnisa, Hanna (2016) Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas Iv Sd 3 Karangmalang. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (729kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (554kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (264kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (231kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui model Think Pair Share dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD 3 Karangmalang untuk pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi melalui penerapan model Think Pair Share. Model Pembelajaran Think Pair Share adalah suatu model pembelajaran yang mempunyai 3 tahap yaitu “Think” artinya berpikir maksudnya siswa berpikir mengenai pertanyaan yang diberikan guru; “Pair” artinya berpasangan maksudnya siswa berpasangan untuk mendiskusikan pertanyaan; dan terakhir “Share” artinya mengemukakan maksudnya siswa mempresentasikan atau mengemukakan hasil diskusi. Sedangkan hasil belajar adalah perubahan tingkah laku dari hasil proses belajar yang mencakup bidang kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil belajar digunakan untuk mengetahui seberapa jauh seseorang menguasai materi yang sudah diajarkan dengan materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah bagi siswa kelas IV SD 3 Karangmalang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Karangmalang dengan subjek penelitian guru dan 28 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model Think Pair Share. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS yang meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu tes dan non tes. Untuk tes berupa tes tertulis. Sedangkan untuk teknik non tes yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model Think Pair Share pada pembelajaran IPS kelas IV menunjukkan peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar setiap siklusnya. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata (79,50% ) dan mendapat kualifikasi baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi (84,50%) dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar IPS ranah kognitif materi kegiatan ekonomi pada pra siklus ketuntasan klasikal siswa sebesar (43%) dengan rata-rata 68,75 mengalami peningkatan pada siklus I menjadi (64%) dengan rata-rata 74,3 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi (89%) dengan rata-rata 79,10. Selain mengalami peningkatan pada ranah kognitif, peningkatan juga terjadi pada ranah afektif dan psikomotorik. Ranah afektif pada siklus I sebesar (66%) selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II menjadi (78%). Pada ranah psikomotorik pada siklus I mendapat skor (66%) dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar (78%). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi siswa kelas IV SD 3 Karangmalang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 3 Karangmalang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi sesuai dengan potensi daerah yang ada di sekitar SD 3 Karangmalang. Saran dalam penelitian hendaknya siswa lebih aktif berinteraksi dengan pasangan kelompoknya dalam mengerjakan tugas

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share, Hasil Belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Nov 2016 04:18
Last Modified: 23 Nov 2016 04:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6445

Actions (login required)

View Item View Item