Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Energi Kelas Iv Sd 4 Kesambi Kudus

-, Nurhayati (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Energi Kelas Iv Sd 4 Kesambi Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (400kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (186kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dan peningkatan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA materi energi kelas IV SD 4 Kesambi Kudus setelah diterapkannya model Project Based Learning. Selain itu juga untuk mendeskripsikan aktivitas siswa yang terdiri dari afektif dan psikomotorik dan keterampilan guru melalui penerapan model Project Based Learning. Pemahaman konsep merupakan proses dimana siswa mampu memahami konsep dan fakta-fakta yang ada, yang siswa temukan di lingkungan sekitar melalui serangkaian kejadian fenomena-fenomena alam yang dilihat maupun didengar, kemudian tersimpan dalam pikiran yang pada akhirnya dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di sekitarnya. Model Project Based Learningmerupakan model pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa dalam menyelesaikan masalah dan merancang tujuan pembelajaran dengan mengasilkan sebuah karya atau produk dengan langkah-langkah yang terdiri penentuan proyek, perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, penyelesaian proyek dengan fasilitas dan monitoring guru, penyampaian hasil kegiatan dan presentasi/publikasi hasil proyek, evaluasi proses dan hasil proyek. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Kesambi Kudus dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep siswa kelas IV SD 4 Kesambi Kudus pada materi energi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa yang terdiri dari afektif dan psikomotorik, dan keterampilan guru. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) peningkatan pemahaman konsep dari prasiklus memperoleh persentase ketuntasan nilai ≥ 70 25% menjadi 50% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 70,83% dengan kategori tinggi. (2) aktivitas belajar siswa ranah afektif siklus I memperoleh pesentase rata-rata 67,94% dan naik menjadi 80,47% pada siklus II dengan kategori baik. Aktivitas belajar siswa ranah psikomotorik siklus I memperoleh presentase rata-rata 66,41% dan naik menjadi 78,81% dengan ketegori baik. (3) keterampilan guru siklus I memperoleh persentase rata-rata 67% dengan kategori baik menjadi 77,5% pada siklus II dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 4 Kesambi Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi energi, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Project Based Learning, Energi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 23 Nov 2016 05:16
Last Modified: 23 Nov 2016 05:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item View Item