Penerapan Model Pembelajaranbamboodancingberbantu Media Topeng Untuk Meningkatkanhasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd 5kandangmas

Ni’mah, Fatkhun (2016) Penerapan Model Pembelajaranbamboodancingberbantu Media Topeng Untuk Meningkatkanhasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd 5kandangmas. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (564kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (564kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (689kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (113kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (200kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (23MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SD 5 Kandangmas setelah menerapkan model BambooDancing. Model pembelajaran BambooDancing merupakan model pembelajaran yang menerapkan langkah saling bertukar informasi dengan pasangannya. Penelitian menggunakan media topeng. Topeng adalah alat/media berupa wajah, disini topeng yang digunakan peneliti adalah wajah tokoh pahlawan. Sedangkan hasil belajar adalah perubahan tingkah laku dari hasil proses belajar yang mencakup bidang kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil belajar digunkan untuk mengetahui seberapa jauh seseorang menguasai materi yang sudah diajarkan dengan materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas V SD 5 Kandangmas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 5 Kandangmas dengan subjek penelitian guru dan 17 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah modelBambooDancing dan variabel terikat adalah hasil belajar meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model BambooDancing dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 67% dengan kriteria baik, pada siklus II menjadi 83% dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 64% dengan kriteria baik, siklus II menjadi 81% dengan kriteria baik. Ketuntasan hasil belajar ranah kogntif sebesar 65% dengan kriteria sedang, pada siklus II menjadi 82% dengan kriteria tinggi. Ketuntasan hasil belajar ranah afektif sebesar 62% dengan kriteria cukup, pada siklus II menjadi 81% dengan kriteria baik. Ketuntasan hasil belajar ranah psikomotorik sebesar 63% dengan kriteria cukup, pada siklus II menjadi 84% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran BambooDancing dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD 5 Kandangmas. Saran yang dapat diberikan yaitu melaksanakan pembelajaran yang mengikutsertakan siswa untuk terlibat secara langsung dalam pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan model BambooDancingdengan kegiatan bertukar informasi mengenai materi yang sedang dipelajari dengan pasangan yang berbeda-beda untuk menciptakan semangat belajar siswa yang bersifat siswa aktif selama proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: BambooDancing, Topeng Pahlawan, Hasil Belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Nov 2016 05:23
Last Modified: 23 Nov 2016 05:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6454

Actions (login required)

View Item View Item