Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Surat Kabar Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Materi Masalah Sosial Sd 2 Mlatinorowitokudus

Ali, Habib (2016) Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Surat Kabar Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Materi Masalah Sosial Sd 2 Mlatinorowitokudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (441kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (307kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (434kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (519kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (186kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (192kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan penerapan Model Group Investigation berbantuan media surat kabar, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diterapkannya model Group Investigation berbantuan media surat kabar, menemukan peningkatan hasil belajar IPS siswa materi masalah sosial setelah diterapkannya model Group Investigation berbantuan media surat kabar. Model Group Investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang kompleks karena memadukan antara prinsip belajar kooperatif dengan pembelajaran yang berbasis konstruktivismedan prinsip pembelajaran demokrasi. Media pembelajaran surat kabar adalah alat atau perantara yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa berupa media massa cetak yaitu surat kabar yang memuat laporan, berita, informasi, atau masalah-masalah yang sedang terjadi dimasyarakat dengan mengaitkan permasalahan yang ada di masyarakat sekitar dengan pembelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD 2 Mlatinorowito Kecamatan Kota Kabupaten Kudus, khususnya pada kelas IV tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Desain penelitian mengacu rancangan dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat langkah/tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunkan data kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas instrumen menggunakan validitas empiris dengan reliabilitas ganjil genap. Hasil penelitian sebelum melakukan tindakan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 20% dengan rata-rata kelas 66,08 meningkat menjadi 74 pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 77,2. Aktivitas peserta didik aspek afektif pada siklus I mencapai skor rata-rata 2,4 dengan kualifikasi cukup baik dan meningkat pada siklus II yang mencapai skor rata-rata 2,78 dengan kualifikasi baik. Sementara aktivitas peserta didik pada aspek psikomotorik pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,4 dengan kualifikasi cukup baik dan meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 2,75 dengan kualifikasi baik. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model group investigation berbantuan media surat kabar dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV materi masalah sosial di SD 2 Mlatinorowito Kudus. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peserta didik dapat fokus dan aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru dapat menggunakan model alternatif dan melibatkan peserta didik dalam pembelajaran dan peneliti dapat mengkaji lebih mendalam model group investigation dan model-model pembelajaran yang lain.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Surat Kabar, Hasil Belajar IPS, Masalah Sosial
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Nov 2016 05:31
Last Modified: 23 Nov 2016 05:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6456

Actions (login required)

View Item View Item