Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan Ctl Berbantuan Media Dua Dimensi Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Karangnongko

‘Ailiya, Fatma (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan Ctl Berbantuan Media Dua Dimensi Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Karangnongko. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (951kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (268kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (534kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (585kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (225kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan menemukan tingkat pemahaman konsep siswa setelah diterapkannya pendekatan CTL pada matematika materi bangun datar. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep pembelajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan dunia nyata yang tidak bersifat abstrak. Media dua dimensi yaitu media bangun yang berdimensi dua yang terdiri dari dua unsur, yaitu panjang dan lebar. Pemahaman konsep matematika adalah pemberian pemahaman terhadap materi matematika secara nyata yang langsung didapatkan oleh siswa yang akan diinterpretasikan dalam bentuk abstrak. Bangun datar yaitu bangun yang dibuat pada permukaan datar. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah dengan menerapkan pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Karangnongko dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media dua dimensi. Variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika materi bangun datar. Instrumen penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I keterampilan guru sebesar 2,7 (Baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 3,075 (Baik). Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 2,54 (Baik) dan meningkat pada siklus II 2,675 (Baik). Persentase pemahaman konsep matematika siklus I sebesar 68,57% (Baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 75,07% (Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa, serta menemukan tingkat pemahaman konsep matematika siswa materi bangun datar di kelas IV SDN 2 Karangnongko. Saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media dua dimensi sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Bangun Datar, Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Dua Dimensi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Nov 2016 07:03
Last Modified: 29 Nov 2016 07:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6550

Actions (login required)

View Item View Item