Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Example Non Example Bagi Siswa Kelas V Sd 1 Jatibarat Jepara

Astuti, Fitri Puji (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Example Non Example Bagi Siswa Kelas V Sd 1 Jatibarat Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (700kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (175kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar PKn pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi kelas V SD 1 Jatibarat Jepara. Hasil belajar merupakan perubahan tingkat penguasaan pemahaman siswa dan perilaku pada diri siswa yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diperoleh siswa setelah mengalami aktivitas belajar. Model pembelajaran Example Non Example merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan materi pelajaran. Strategi ini bertujuan untuk mendorong siswa untuk belajar berpikir kritis dengan memecahkan permasalahan-permasalahan yang termuat dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Hipotesis tindakan dalam penelitian hasil belajar PKn materi organisasi dapat meningkat melalui model Example Non Example bagi siswa kelas V SD 1 Jatibarat Jepara. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Jatibarat Jepara dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Example Non Example. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan pada keterampilan guru pada siklus I mencapai nilai 2,88 (tinggi) dan siklus II mencapai nilai 3,56 (sangat tinggi). Jugaterdapat peningkatan nilai hasil belajar PKn siswa kelas V yang cukup signifikan antara siklus I (75%) dan siklus II (90%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I skor rata-rata siswa 2,96 (baik) dan siklus II 3,25 (sangat baik). Demikian juga terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa ranah afektif pada siklus I skor rata-rata 2,8 (baik) dan siklus II 3,3 (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD 1 Jatibarat Jepara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Jatibarat Jepara dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru pada mata pelajaran PKn melalui model Example Non Example mengalami peningkatan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD 1 Jatibarat Jepara dapat meningkat. Untuk itu disarankan guru dalam melaksanakan pembelajaran sebaiknya menggunakan beberapa model dan tidak terpaku dengan satu model saja, juga memotivasi siswa supaya lebih aktif dalam pembelajaran. salah satu model yang disarankan untuk dipakai dalam pembelajaran adalah model Example Non Example.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Example Non Example, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:34
Last Modified: 29 Nov 2016 07:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6556

Actions (login required)

View Item View Item