Penerapan Model Project Based Learning Melalui Kegiatan Market Dayuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipssiswa Kelas Iii Sd 4 Ngembalrejo

Wanti, Devi Rahma (2016) Penerapan Model Project Based Learning Melalui Kegiatan Market Dayuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipssiswa Kelas Iii Sd 4 Ngembalrejo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (257kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (799kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (725kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (42kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (399kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa serta keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS dengan menerapkan model Project Based Learning melalui kegiatan market day pada materi Kegiatan Jual Beli kelas III SD 4 Ngembalrejo tahun ajaran 2015/2016. Model Project Based Learning adalah pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Materi pelajaran disampaikan dengan cara memberi kesempatan pada siswa untuk belajar mengembangkan potensi intelektualnya. Kegiatan Market Day merupakan inovasi yang dilakukan oleh peneliti dalam rangka menerapkan model Project Based Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kegiatan Market Day akan menjadi topik besar pada penerapan model Project Based Learning. Pembelajaran terdiri dari 6 tahap yaitu (1) penentuan proyek, (2) perencanaan langkah-langkah proyek, (3) penyusunan jadwal penyelesaian proyek, (4) penyelesaian proyek dengan fasilitas dan monitoring guru, (5) penyusunan laporan dan presentasi serta (6) evaluasi proses dan hasil proyek. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Prosedur penelitian masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di SD 4 Ngembalrejo dengan subjek penelitian 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) tes; 2) observasi; 3) wawancara; dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mode project based learning melalui kegiatan market day dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I dengan memperoleh skor rata-rata 75.4 dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 73.6% meningkat menjadi 80 pada nilai rata-rata siswa dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 79% pada siklus II. Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2.6 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 2.8 dengan kategori baik. hasil belajar siswa ranah psikomotorik memperoleh skor rata-rata 2.5 dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 2.8 dengan kategori baik pada siklus II, Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai skor rata-rata 2.8 dengan kriteria baik kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3.1 dengan kriteria baik. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperolh skor rata-rata 2.8 dengan presentase 69% dengan kriteria baik, meningkat menjadi 2.8 degan presentase 78% pada siklus II dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model project based learning melalui kegiatan market day dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa serta keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran mata pelajaran IPS materi Kegiatan Jual Beli kelas III di SD 4 Ngembalrejo. Saran yang dapat diberikan yaitu dalam melaksanakan pembelajaran, sebaiknya siswa terlibat secara aktif untuk membangun konsep pengetahuan mereka sendiri melalui aktivitas belajar yang dapat dirancang guru terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan menerapkan model project based learning agar siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri sehingga hasil belajar lebih bermakna dan tahan lama.  

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Market day, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Nov 2016 08:16
Last Modified: 29 Nov 2016 08:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6565

Actions (login required)

View Item View Item