Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Metode Outdoor Learning Di Kelas V Sd 2 Bakalan Krapyak Kudus

Hapsari, Mia Haryu (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Metode Outdoor Learning Di Kelas V Sd 2 Bakalan Krapyak Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul)
Download (912kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (408kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (587kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (834kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (247kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (203kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berbahasa pada aspek menulis pada siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. Hasil wawancara dengan guru kelas V didapatkan informasi bahwa menulis puisi merupakan salah satu pokok bahasan yang dianggap sulit di semester 2. Pemilihan kata atau diksi, merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi. Hal ini disebabkan karena kurangnya perbendaharaan kata yang dimiliki siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian ini (1) apakah penggunaan model contextual teaching and learning berbantuan metode outdoor learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak Kudus dalam pembelajaran bahasa Indonesia? (2) Bagaimanakah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi dengan diterapkannya model contextual teaching and learning berbantuan metode outdoor learning? (3) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan diterapkannya model contextual teaching and learning berbantuan metode outdoor learning? Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model contextual teaching and learning berbantuan metode outdoor learning pada siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. Model contextual teaching and learning merupakan suatu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan model ini siswa belajar secara aktif mulai dari menjelaskan materi berdasarkan pengetahuannya sendiri maupun referensi lain, bertanya jawab, menyimak puisi yang dibacakan guru, berdiskusi dengan temannya, dan akhirnya dapat menulis puisi dengan bantuan metode outdoor learning. Metode outdoor learning berfungsi untuk memudahkan siswa dalam berimajinasi, karena dalam pelaksanaannya guru mengajak siswa belajar di luar kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan, sehingga siswa menemukan inspirasi berkaa-kata yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan. Hipotesis tindakan yang diajukan yakni keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model Contextual Teaching and Learning berbantuan metode outdoor learning pada siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak Kudus dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Bakalan Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model contextual teaching and learning berbantuan metode outdoor learning, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model contextual teaching and learning berbantuan metode outdoor learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar klasikal pada tes keterampilan menulis puisi siklus I 69,57% meningkat menjadi 91,30% pada tes keterampilan menulis menulis puisi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 69,13 menjadi 82,60 pada siklus II, (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 80,56 dengan kriteria “sangat tinggi” dan meningkat pada siklus II menjadi 95,83 dengan kriteria “sangat tinggi”, dan (3) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 66,37 dengan kriteria “tinggi” meningkat pada siklus II menjadi 82,34 dengan kriteria “sangat tinggi”. Simpulan dalam penelitian ini yakni penerapan model contextual teaching and learning berbantuan metode outdoor learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model contextual teaching and learning dalam meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa Indonesia dan guru harus kreatif agar pembelajaran lebih menyenangkan dan membantu siswa dalam proses belajar. Bagi siswa, hendak memiliki kebiasaan belajar yang baik sehingga pembelajaran lebih bermakna. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian lain yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Puisi, Contextual Teaching and Learning, Outdoor Learning.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Nov 2016 08:26
Last Modified: 29 Nov 2016 08:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6567

Actions (login required)

View Item View Item