Implementasi Model Think Pair Share Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Energi Panas Dan Energi Bunyi

Putranto, Fajar Aji (2016) Implementasi Model Think Pair Share Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Energi Panas Dan Energi Bunyi. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (612kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (838kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (383kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (958kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (240kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (178kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (237kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu mengetahui.Peningkatan ketrampilan guru dalam mengelola kelas dan peningkatan hasil belajar siswa baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor dengan diterapkannya model Think Pair Share pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Panas dan Energi Bunyi. . Pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) adalah pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi interaksi siswa agar terjadi variasi pola diskusi dalam kelas yaitu yang terdiri dari tahap think (berpikir) yakni siswa diberi kesempatan individu untuk memecahkan masalahnya, tahap pair (berpasangan) siswa berpasangan dengan teman sebangku untuk memcocokkan hasil jawaban dalam diskusi, tahap share (berbagi) setiap kelompok diskusi berbagi di depan kelas. Dengan menerapkan Model pembelajaran Think Pair Share (TPS ) tersebut diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Sebelum dilakukan siklus 1 peneliti melakukan wawancara sebagai sumber informasi awal sebelum dilakaukan penelitian. Siklus I dan II dilaksanakan dalam dua kali tindakan dengan masing-masing alokasi waktu 4x35 menit. Tahapan pelaksanaan PTK mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Keterampilan guru dalam mengelola kelas di akhir siklus 1 dengan rata-rata 3,08 dengan presentase 76% dengan kriteria baik siklus 2 dengan rata-rata 3.09 dengan presentase 77% dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Secara kognitif hasil evaluasi pada siklus 1 didapatkan hasil siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 11 siswa dengan presentase mencapai 61% sedangkan pada siklus 2 didapatkan hasil siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 14 siswa dengan presentase mencapai 78%. Secara afektif hasil observasi yang dilakukan mengalami peningkatan di tiap pertemuan, di akhir siklus 1 diperoleh porsentasi 52% dengan kritetia cukup sedangkan di akhir siklus 2 diperoleh presentase 75% dengan kriteria baik. Secara psikomotor di akhir siklus 1 diperoleh presentase 64% dengan kriteria cukup dan di akhir siklus 2 diperoleh presentase 76% dengan kriteria baik. . Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola kelas serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian untuk menggunakan model pembelajaran TPS maupun model pembelajaran yang lain serta media lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Nov 2016 08:52
Last Modified: 29 Nov 2016 08:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6568

Actions (login required)

View Item View Item