Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas Xii Ips Sma Muhammadiyah Kudus

Nugrahanto, Anggy (2016) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas Xii Ips Sma Muhammadiyah Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (182kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (570kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (190kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (109kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan pemahaman siswa tentang aktivitas belajar sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi. (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman siswa tentang aktivitas belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada siswa kelas XII IPS SMA Muhammadiyah Kudus Tahun 2015/2016. Aktivitas artinya kegiatan atau keaktifan jadi segala sesuatu yang di lakukan atau kegiatan-kegiatan yang terjadi baik fisik maupun non fisik, merupakan suatu aktivitas. Aktivitas belajar siswa adalah semua kegiatan yang di lakukan oleh siswa selama mengikuti proses pembelajran, baik secara fisik maupun mental. Layanan bimbingn kelompok adalah suatu layanan bimbingan dan konseling proses pemberian bantuan yang di berikan pada individu dalam situasi kelompok. Teknik Simulasi adalah sebuah kejadian yang merupakan tiruan dari apa yang sebenarnya hendak di sampaikan, dilakukan untuk menyampaikan dan menjelaskan apa yang sebenarnya ingin di berikan. Hipotesis penelitian ini adalah: Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Siswa XII IPS SMA Muhammadiyah Kudus Tahun 2015/2016. Penelitian Bimbingan dan Konseling ini akan dilaksanakan di kelas XII IPS SMA Muhammadiyah Kudus dengan subjek penelitian 8 siswa. Variabel Bebas adalah Layanan Bimbingan Kelompok Dengan teknik Simulasi. Sedangkan Variabel Terikat adalah Aktivitas Belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara sebelum pra layanan bimbingan kelompok aktivitas belajar siswa termasuk dalam kategori kurang (32%). Setelah di beri treatment layanan bimbingan kelompok pada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi kategori cukup ( 47%) dan setelah siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi kategori baik (72%). Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XII IPS SMA Muhammadiyah Kudus Tahun 2015/2016. Kesimpulan yang dapat di ambil dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XII IPS SMA Muhammadiyah Kudus.Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah diharapkan dapat memberikan fasilitas yang mendukung, salah satunya dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok yang di berikan oleh guru bimbingan dan konseling. 2. Kepada Konselor, diharapkan konselor dapat memberikan layanan bimbingan kelompok sesuai dengan kebutuhan siswa. 3. Siswa diharapkan mampu merubah keadaanya yang awalnya memiliki aktivitas yang rendah menjadi meningkat. 4. Penelitian selanjutnya diharapkan peneliti mampu menyiapkan segala kebutuhan yang akan digunakan dalam layanan bimbingan kelompok.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sunardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Nov 2016 02:49
Last Modified: 30 Nov 2016 02:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6591

Actions (login required)

View Item View Item