Peningkatan Minat Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Serimpi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas Viiic Smp 2 Sukolilo Pati Tahun 2015/2016

Priyambodo, Guruh Setyo (2016) Peningkatan Minat Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Serimpi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas Viiic Smp 2 Sukolilo Pati Tahun 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (484kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (144kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (433kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (661kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (122kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (47kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (46kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan peran peneliti dalam meningkatkan minat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari serimpi pada siswa kelas VIIIC SMP 2 Sukolilo Pati tahun pelajaran 2015/2106. 2. Mendeskripsikan minat siswa dalam ekstrakurikuler seni tari sarimpi setelah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2015/2016. Minat adalah kecenderungan yang agak menetap untuk merasa tertarik pada bidang-bidang tertentu dan merasa senang berkecimpung dalam suatu bidang. Tarian merupakan perpaduan dari beberapa unsur yaitu raga, irama, dan rasa. Tari adalah desakan perasaan manusia di dalam dirinya yang mendorongnya untuk mencari ungkapan yang berupa gerak-gerak yang ritmis. Penerapan teknik modeling simbolik dimaksudkan agar peserta layanan memiliki dan meningkatnya minat dalam diri setelah peneliti (PK) memberikan materi dengan topik tugas dan dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terdapat dua topik dalam bimbingan kelompok yaitu topik bebas dan tugas yang nantinya akan disepakati, dibahas bersama-sama dalam kelompok. Hipotesis dalam penelitian ini: 1. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik diduga dapat meningkatkan minat siswa dalam ekstra seni tari serimpi pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sukolilo Pati tahun pelajaran 2015/2016. 2. Ada peningkatan dalam minat siswa dalam ekstrakurikuler seni tari serimpi pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sukolilo Pati tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, PTBK melalui prosedur tindakan kelas. Variabel X: Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik, variabel Y: Minat siswa dalam ekstrakurikuler seni tari sarimpi. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VIIIC SMP 2 Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kuantitatif secara deskriptif. Peningkatan minat siswa kelas VIIIC SMP 2 Sukolilo Pati dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari sarimpi pada siklus I pertemuan pertama siswa memperoleh skor rata-rata 21 kategori (Kurang), pertemuan kedua siswa memperoleh skor rata-rata 24,3 kategori (Kurang), pertemuan ketiga siswa memperoleh skor rata-rata 26,8 kategori (Cukup). Pada siklus II pertemuan pertama siswa memperoleh skor rata-rata 31,2 kategori (Cukup), pertemuan kedua siswa memperoleh skor rata-rata 35,1 kategori (Baik), pertemuan ketiga siswa memperoleh skor rata-rata 42,8 kategori (Sangat Baik). Simpulan penelitian: 1. Aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada siklus I peneliti memperoleh skor 48 (48%) kategori (Kurang). Siklus II peneliti memperoleh skor 85 (85%) kategori (Sangat Baik). 2. Minat siswa dalam ekstra seni tari sarimpi siklus I memperoleh skor rata-rata 26,8 (54%) kategori (Cukup), siklus II 43 (86%) (Sangat Baik). Peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: 1. Kepala sekolah: Kepala sekolah dapat menggunakan hasil penelitian sebagai acuan dalam mengoptimalkan pelayanan bimbingan konseling di sekolah terutama dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. 2. Guru Pembimbing: Guru pembimbing dapat menggunakan hasil peneliti dalam pelayanan bimbingan dan konseling kepada siswa terutama layanan bimbingan kelompok. 3. Guru mata pelajaran seni budaya: Guru mata pelajaran seni budaya dapat menggunakan hasil penelitian sebagai usaha untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di kelas terutama penggunaan model pembelajaran modeling simbolik. 4. Siswa: Siswa hendaknya memanfaatkan ekstrakurikuler seni tari sarimpi untuk lebih mengasah bakat dan minat dalam diri siswa dalam bidang seni terutama seni tari. 5. Peneliti selanjutnya: Peneliti selanjutnya hendaknya memperhatikan pedoman dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, sehingga pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menjadi lebih optimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sutarti, SE. MM
Uncontrolled Keywords: Minat Tari Sarimpi, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Nov 2016 02:58
Last Modified: 30 Nov 2016 02:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6593

Actions (login required)

View Item View Item