Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Puzzle Pada Siswa Kelas Iv Sd N 05 Klaling

Azizah, Nurul (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Puzzle Pada Siswa Kelas Iv Sd N 05 Klaling. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (856kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (267kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (406kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (612kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (305kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (277kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika, mendeskripsikan aktivitas belajar siswa, dan menemukan peningkatan pemahaman konsep jaring-jaring balok dan kubus menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan media puzzle pada siswa kelas IV SD 05 Klaling. Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan yang ditunjukkan siswa dalam memahami gagasan atau ide-ide yang saling terkait satu sama lain sehingga terbangun pemahaman dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran inkuiri yakni suatu cara yang dilakukan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa lebih banyak belajar sendiri, dalam menyelidiki, meneliti, dan mencari sendiri pengetahuan tersebut atau menemukan jawaban dari apa yang ditanyakan. Puzzle merupakan sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi berupa pecahan kepingan-kepingan yang disusun menjadi suatu bentuk yang utuh. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi jaring-jaring balok dan kubus pada siswa kelas IV SD 05 Klaling. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa SD 05 Klaling Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun ajaran 2015/2016. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri berbantuan media puzzle, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika materi jaring-jaring balok dan kubus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengajar guru, dari 3,01 dengan kualifikasi baik pada siklus I, meningkat menjadi 3,34 dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata yang diperoleh sebesar 2,8 dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 3,21 dengan kualifikasi baik. Selain itu pemahaman konsep matematika pada materi menentukan jaring-jaring balok dan kubus juga meningkat setiap siklusnya, pra siklus rata-rata yang diperoleh sebesar 45,3, meningkat menjadi 71,4 pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi 81,2. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dan mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika materi jaring-jaring balok dan kubus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep matematika, Model pembelajaran inkuiri media puzzle, Materi jaring-jaring balok dan kubus.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Dec 2016 01:33
Last Modified: 02 Dec 2016 01:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6653

Actions (login required)

View Item View Item