Penerapanmodel Snowball Throwinguntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswapada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V sd 7 klumpit

Hasanah , Shobrul (2016) Penerapanmodel Snowball Throwinguntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswapada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V sd 7 klumpit. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (247kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (271kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (622kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (893kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (167kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaranSnowball Throwing dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi peraturan perundang-undangan pada siswa kelas V SD 7 Klumpit. Model pembelajaranSnowball Throwing merupakan salah satu model pembelajaran inovatif.Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang rangkaian kegiatannya pembelajarannya menekankan berpikir kritis untuk membuat pertanyaan dan menjawab suatu masalah yang dipertanyakan. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksankan di SD 7 Klumpit Gebog Kudus tahun pelajaran 2015/2016, di kelas V yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.Variabel yang akan diteliti yaitu, model pembelajaran Snowball Throwing sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagi variabel terikat. Prosedur dalam penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus yaitu siklus 1 dan 2, dengan tahapan tiap siklus: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui wawancara, obsevasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa pada materi peraturan perundang-undangan antara siklus I (56,70%) dan siklus II ( 76,67% ). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mendapatkan 65,95% dengan kategori baik sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,58% dengan kategori sangat baik. Persentase hasil belajar siswa ranah sikap pada siklus 1 64,17% sedangkan pada siklus II 76% (baik). Sedangkan hasil belajar siswa ranah psikomotorik siklus I 63,57% sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 75,30% (baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi peraturan perundang-undangan kelas V SD 7 Klumpit Gebog. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 7 Klumpit dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peraturan perundang-undangan kelas V SD 7 Klumpit Gebog Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Snowball Throwing ini, guru memahami langkah-langkahnya sehingga proses pembelajaran yang dilakukan lebih maksimal. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaranSnowball Throwing dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi peraturan perundang-undangan pada siswa kelas V SD 7 Klumpit. Model pembelajaranSnowball Throwing merupakan salah satu model pembelajaran inovatif.Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang rangkaian kegiatannya pembelajarannya menekankan berpikir kritis untuk membuat pertanyaan dan menjawab suatu masalah yang dipertanyakan. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksankan di SD 7 Klumpit Gebog Kudus tahun pelajaran 2015/2016, di kelas V yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.Variabel yang akan diteliti yaitu, model pembelajaran Snowball Throwing sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagi variabel terikat. Prosedur dalam penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus yaitu siklus 1 dan 2, dengan tahapan tiap siklus: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui wawancara, obsevasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa pada materi peraturan perundang-undangan antara siklus I (56,70%) dan siklus II ( 76,67% ). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mendapatkan 65,95% dengan kategori baik sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,58% dengan kategori sangat baik. Persentase hasil belajar siswa ranah sikap pada siklus 1 64,17% sedangkan pada siklus II 76% (baik). Sedangkan hasil belajar siswa ranah psikomotorik siklus I 63,57% sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 75,30% (baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi peraturan perundang-undangan kelas V SD 7 Klumpit Gebog. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 7 Klumpit dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peraturan perundang-undangan kelas V SD 7 Klumpit Gebog Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Snowball Throwing ini, guru memahami langkah-langkahnya sehingga proses pembelajaran yang dilakukan lebih maksimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Hasil Belajar, Peraturan Perundang-Undangan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Dec 2016 01:43
Last Modified: 02 Dec 2016 01:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6654

Actions (login required)

View Item View Item