Penerapan Metode Eksperimen Untuk Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Ipa Kelas Iv Sd Negeri 1 Menganti Kedung Jepara

Fatmawati, Lailatuzzahro’ (2016) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Ipa Kelas Iv Sd Negeri 1 Menganti Kedung Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (408kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (123kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (596kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (174kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (41kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (121kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan peningkatan sikap ilmiah siswa pada materi IPA kelas IV SD Negeri 1 Menganti melalui metode eksperimen. (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Menganti melalui metode eksperimen. Metode eksperimen ini melibatkan siswa untuk aktif sehingga siswa dapat bekerjasama dengan kelompoknya, rasa ingin tahu siswa meningkat, siswa dapat berpikir kritis, dan lain sebagainya. Sehingga dengan menggunakan metode eksperimen dapat menumbuhkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA. Siswa yang memiliki sikap ilmiah yang tinggi biasanya memiliki hasil belajar IPA yang tinggi, begitu sebaliknya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah peneliti yang sekaligus berperan sebagai guru serta siswa kelas IV SD Negeri 1 Menganti Kedung Jepara sebanyak 34 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sedangkan variabel terikatnya adalah sikap ilmiah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif yang diperkuat dengan data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa materi pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan kelas IV SD Negeri 1 Menganti Kedung Jepara dan dapat meningkatkan ketrampilan guru, hasil belajar kognitif, sikap ilmiah siswa, dan psikomotorik siswa. Hal ini dapat dibuktikan adanya peningkatan keterampilan guru, hasil belajar kognitif, sikap ilmiah siswa, dan psikomotorik siswa dengan rincian rata-rata keterampilan guru pada siklus I sebesar 75,70% meningkat menjadi 81,94% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 70,59% meningkat menjadi 85,29% pada siklus II. Rata-rata sikap ilmiah siswa pada prasiklus sebesar 37,05% meningkat menjadi 62, 80% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 78,05% Sedangkan rata-rata hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I sebesar 67,50% dan meningkat menjadi 80,03% pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa, dan hasil belajar kognitif serta psikomotorik siswa kelas IV SD Negeri 1 Menganti Kedung jepara pada materi pengaruh perubahan lingkungan fisik. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti lain membuat percobaan yang lebih menyenangkan dan dapat mengembangkan proses pembelajaran yang lebih baik, kreatif dan inovatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen,Sikap Ilmiah Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Dec 2016 02:04
Last Modified: 02 Dec 2016 02:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6656

Actions (login required)

View Item View Item