Penerapan Model Jigsaw Untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Siswa Kelas V Sd 1 Wergu Wetan Kudus

Nikmah, Laely (2016) Penerapan Model Jigsaw Untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Siswa Kelas V Sd 1 Wergu Wetan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (374kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (384kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (471kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (94kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (92kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Jigsaw dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada materi cerita rakyat pada siswa kelas V SD 1 Wergu Wetan. Hasil belajar merupakan nilai dari proses belajar yang telah dicapai oleh siswa dengan kriteria tertentu. Hasil belajar siswa pada dasarnya adalah perubahan perilaku pada diri siswa atau tingkatan kemampuan siswa baik itu perubahan perilaku yang mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model pembelajaran Jigsaw adalah model pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen dan saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 wergu Wetan Kota Kudus dengan subjek penelitian 31 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Jigsaw. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar cerita rakyat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru mengelola pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) peningkatan keterampilan menyimak siswa meningkat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu dari 69,3 menjadi 74,70 (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase rata-rata sebesar 70,88% dan meningkat pada siklus II sebesar 78,46% dengan kualifikasi baik (3) peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 77,08% menjadi 90,27% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Wergu Wetan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menyimak materi cerita rakyat kelas V SD 1 Wergu Wetan Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan kerjasama diantara siswa dalam kelompok. Hendaknya guru memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran dengan melakukan bimbingan secara intensif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Keterampilan Menyimak, Cerita Rakyat
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Dec 2016 02:12
Last Modified: 02 Dec 2016 02:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6657

Actions (login required)

View Item View Item