Penerapan Pendekatanpmri Berkonteks Sarung Kotak-Kotak Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsepmatematikamateriluas Persegi Dan Persegi Panjangpadasiswa Kelas Iiisd 10 Gondosari

Utari, Wulandiah (2016) Penerapan Pendekatanpmri Berkonteks Sarung Kotak-Kotak Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsepmatematikamateriluas Persegi Dan Persegi Panjangpadasiswa Kelas Iiisd 10 Gondosari. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (722kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (171kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas III SD 10 Gondosari. Rendahnya pemahaman konsep siswa dikarenakan dalam pembelajaran matematika hanya menekankan pada penggunaan rumus tanpa memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami makna dari rumus sehingga siswa kesulitan menyelesaikan soal matematika jika konteks soalnya sedikit diubah. Selain itu, pada SD 10 Gondosari di kelas III masih menggunakan Kurikulum KTSP. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan PMRI berkonteks sarung kotak-kotak dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas III SD 10 Gondosari pada mata pelajaran matematika.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan pendekatan PMRI, aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep matematika siswa pada materi luas persegi dan persegi panjang. PMRI merupakan pendekatan pembelajaran yang dilandasi oleh pandangan Hans Freudenthal, yaitu menempatkan matematika sebagai suatu bentuk aktivitas manusia dimana aktivitas inilah siswa menemukan kembali konsep matematika. Dimana dalam pembelajaran PMRI diharapkan yang terjadi adalah pertama siswa dapat membuat model situasi yang dekat dengan siswa. Kemudian dengan proses generalisasi dan formalisasi, model situasi diubah ke dalam model tentang masalah (model of). Selanjutnya dengan proses matematisasi horizontal model tentang model of berubah menjadi model untuk model for. Setelah itu dengan proses matematisasi vertikal model untuk berubah menjadi model pengetahuan matematika formal. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan , pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yakni pedoman wawancara, soal tes pada setiap siklus, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Data yang diperoleh meliputi data keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran, aktivitas belajar siswa, serta data hasil tes pemahaman konsep. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa dilihat dari hasil tes pemahaman konsep menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I diperoleh persentase sebesar 72,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 2,48 meningkat pada siklus II menjadi 3,04 dengan kriteria baik. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 2,63 baik meningkat pada siklus II menjadi 3,40 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkanhasilpenelitian, disimpulkanbahwapendekatanPMRIberkontekssarungkotak-kotakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikasiswamateriluaspersegidanpersegipanjang, aktivitasbelajarsiswa, danketerampilan guru dalampengelolapembelajaran. Saran setelahdilakukanpenelitianiniialahhendaknyadalammenerapkanpendekatanPMRIberkontekssarungkotak-kotak, guru memilihkonteks yang sesuaidenganmateridanlebih optimal membimbingsiswadalampenemuankonsepdenganmelakukanpendekatanbaiksecarakelompokmaupun individual dengankemampuansiswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Luas Persegi dan Persegi Panjang, PMRI berkonteks sarung kotak-kotak.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 Dec 2016 02:30
Last Modified: 02 Dec 2016 02:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6659

Actions (login required)

View Item View Item