Wulandari, Suci (2016) Penerapan Model PembelajaranThink Pair ShareUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS SD 2 Bakalan Krapyak. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (691kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (202kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengajardengan penerapan model pembelajaranThink Pair SharepadamatapelajaranIPS.(2) Menemukan peningkatan hasil belajar siswa denganpenerapan model pembelajaran Think Pair SharepadamatapelajaranIPS materi mengenalperkembanganteknologi. Think Pair Sharemerupakanjenis pembelajaran kooperatif, model pembelajaran Think Pair Share memberikanwaktupadasiswauntukberfikir, merespon, dansalingmembantu yang bertujuanuntukmembentukpolainteraksisiswa, mengoptimalkanpartisipasisiswa, memungkinkansiswauntukbekerjasendiridanbekerjasamadengan orang lain. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran IPS materi mengenalperkembanganteknologiproduksi, komunikasi, dantransportasisertapengalamanmenggunakannya dapat meningkatkan ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran padasiswa kelasIV SD2 BakalanKrapyak.(2) Penerapan model pembelajaran Think Pair Sharepada mata pelajaran IPS materi mengenalperkembanganteknologiproduksi, komunikasi, dantransportasisertapengalamanmenggunakannyadapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelasIV SD2 BakalanKrapyak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SD 2 Bakalan Krapyak dengan subyek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap penelitian yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.. Analisis data yang digunakandalampenelitianiniadalah data kuantitatifdan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Think Pair Sharedapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran, dan hasil belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari 70,74% dengan kategori baik menjadi 81,91% dengan kategori sangat baik (2) Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 71,62% dengan kategori baik dan pada siklus II menjadi 78,87% dengan kategori baik (3) Hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh 72,18% dengan kategori baik meningkat pada siklus II memperoleh 84,69% dengan kategori sangat baik (4) Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I persentase klasikal 55% kategori kurang dan siklus II persentase ketuntasan klasikal mencapai 80% kategori baik dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 75%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Think Pair Sharepada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Bakaln Krapyak Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Saran untuk guru, diharapkan model pembelajaran Think Pair Share bisa dijadikan refrensi dalam memilih model pembelajaran agar pelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh guru. Untuk siswa, diharapkan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh agar menjadi aktif. Untuk sekolah, diharapkan sekolah memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk penelitian berikutnya, dapat dijadikan salah satu referensi dalam mengembangkan desain dan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share agar menghasilkan pembelajaran yang lebih baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Immaniar Purbasari, M.Pd |
Kata Kunci: | Think Pair Share,Keterampilan Guru, Hasil Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 02:47 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 02:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6661 |
Actions (login required)
View Item |