Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd 1 Ngembal Kulon Pada Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat

Rahmah, Suciani (2016) Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd 1 Ngembal Kulon Pada Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (531kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (223kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (439kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (524kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (133kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (204kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, serta peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran matematika kelas IV semester 2 SD 1 Ngembal Kulon materi bilangan bulat dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri adalah salah satu cara belajar atau penelaahan yang bersifat mencari pemecahan permasalahan dengan cara kritis, analitis, dan ilmiah dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis untuk memperoleh kesimpulan yang bertujuan pada pemahaman siswa. Langkah 1: orientasi, langkah 2: merumuskan masalah, langkah 3: mengajukan hipotesis, langkah 4: mengumpulkan data, langkah 5: menguji hipotesis, dan yang terakhir langkkah 6: merumuskan kesimpulan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Ngembal Kulon dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model inkuiri. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan ketuntasan klasikal ranah kognitif siswa dari siklus 1 ke siklus 2, dari 68,9% kriteria baik menjadi 82,3% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil nilai rata-rata ranah afektif siswa dari 69,93% menjadi 75,7% dengan kriteria baik. Pada ranah psikomotor siswa hasil ketuntasan klasikal diperoleh 72,4% pada siklus I, dan 78,35% pada siklus II. Selain itu keterampilan mengajar guru juga meningkat dari 84% menjadi 90,35% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Ngembal Kulon pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat. Peneliti menyarankan dalam upaya untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa, guru dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri dengan langkah yang runtut dan menggunakan media loncat katak untuk membantu siswa dalam memahami materi bilangan bulat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utamingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Hasil Belajar, Bilangan Bulat.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 03 Dec 2016 01:30
Last Modified: 03 Dec 2016 01:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6663

Actions (login required)

View Item View Item