Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Congklak Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Ngembal Kulon Kudus

Aini, Nurul (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Congklak Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Ngembal Kulon Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (652kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (608kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (276kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (133kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (212kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanbagaimanapeningkatanketerampilan guru dalammengelolapembelajaranmatematikamaterioperasibilanganbulat yang dilakukan guru padasiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus melalui model pembelajaranInquiry berbantuan media congklak, mendiskripsikanbagaimanaaktivitassiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus dalampembelajaranmeterioperasibilanganbulatmelalui model Inquiry berbantuan media congklak, menemukanapakah model pembelajaranInquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepoperasibilanganbulatsiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Pemahamankonsepmatematikaadalahkemampuan yang ditunjukkansiswadalammemahamigagasanatau ide-ide matematika yang salingterkaitsatusama lain sehinggaterbangunpemahamandalampembelajaranmatematika. Model pembelajaranInquiry adalahrangkaiankegiatanpembelajaran yang menekankanpada proses berpikirsecarakritisdananalitisuntukmencaridanmenemukansendirijawabandarisuatumasalah yang dipertanyakan. Congklakadalah media pembelajaranmatematika yang terbuatdarikayu yang dapatdigunakansebagaikonteksdalambelajarbilangan yang memuatdalammenghitungpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.Hipotesistindakandalampenelitianadalahpenggunaan model pembelajaranInquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulatsiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus dengansubjekpenelitian 18 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. Variabelbebasadalahmodel pembelajaran Inquiry berbantuan media congklak.Sedangkanvariabelterikatnyaadalahpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulat.Instrument penelitianiniadalahobservasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketerampilan guru dalampengelolaanpembelajarandenganmenggunakan model pembelajaranInquiry padasiklus I 3,01 (baik) menjadi 3,24 (baik) padasiklus II, didukungdenganpeningkatanaktivitassiswadalampembelejaranmatematikapadasiklus I 3 (baik) menjadi 3,21 (baik) siklus II. Pemahamankonsepmatematikasiswapadamaterioperasibilanganbulatmengalamipeningkatan yang signifikanantarasiklus I (61,1%), dansiklus II (77,8%). Hal itumembuktikanbahwapenggunaan model pembelajaranInquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulatkelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus dapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaran Inquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulatkelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Untukitudisarankandalampenerapan model pembelajaranInquiry, guru haruspenyampaiaanmateri yang jelasdankonkrit agar siswalebihmemahamikonsepmatematika yang di pelajari.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep matematika, Model pembelajaran Inquiry berbantuan media congklak, materi operasi bilangan bulat.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 03 Dec 2016 01:38
Last Modified: 03 Dec 2016 01:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6664

Actions (login required)

View Item View Item