Setyorini, Diyah (2016) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Bilanganbulat Kelas Iv Semester 2 Sd 2 Tumpangkrasak Berbantuan Mistar Bilangan. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal Judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (707kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (109kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengajar dengan diterapkannya model Numbered Heads Together pada materi bilangan bulat siswa kelas IV SD 2 Tumpangkrasak. Model Numbered Heads Together (NHT) merupakan model pembelajaran variasi dari diskusi kelompok atau penomoran berfikir bersama yang didalamnya terdapat 4 langkah yaitu penomoran, mengajukan pertanyaan, berfikir bersama dan menjawab. Penerapan model pembelajaran ini untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika bilangan bulat dibawah bimbingan guru dengan perbantuan mistar bilangan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Tumpangkrasak dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yakni penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Sedangkan variabel terikatnya yakni pembelajaran matematika materi Bilangan Bulat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peingkatan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep. Hasi pemahaman konsep siklus I mencapai ketuntasan 65,3% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,2%. Hasil pemahaman konsep siswa mulai dari siklus I sampai siklus II. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 2,005% (cukup baik) dan meningkat pada siklus II dengan ketuntasan 2,70% (baik). Hasil pengamatan keterampilan guru mengajar mencapai 2,99% (baik) dan meningkat pada siklus II 3,38% (Sangat Baik). Simpulan penelitan ini adalah pembelajaran mmematika dengan penerapan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. peneliti menyarankan pada guru hendaknya menggunakan model pembelajaran dalam setiap pembelajaran dan memberikan arahan kepada siswa tentang bagaimana cara melakukan diskusi yang baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Dr. Sri Utamingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Numbered heads Together, Pemahaman Konsep, Bilangan Bulat, Mistar Bilangan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 01:52 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 01:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6665 |
Actions (login required)
View Item |