Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Model Think Pair Share Kelas Iv Sdn 2 Mayonglor Jepara

Nilasari, Nova Nita (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Model Think Pair Share Kelas Iv Sdn 2 Mayonglor Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (694kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (316kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (352kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (515kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (268kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Mayonglor pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model Think Pair Share.(2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 2 Mayonglor Jepara dengan menggunakan model Think Pair Share. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang dialami siswa baik dari aspek kognitif, ataupun psikomotorik melalui pembelajaran. PKn adalah mata pelajaran dalam program yang memiliki peran dalam mempersiapkan warga negara yang cerdas, bertanggung jawab, berkeadaban, disiplin, bermoral, dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan system nilai pancasila. Globalisasi adalah proses penduniaan atau pengglobalan yang ditandai bersatunya wilayah karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang adanya keterkaitan seluruh warga dunia di bidang informasi, komunikasi, transportasi, ekonomi, dan teknologi, makanan, serta gaya hidup yang memberikan dampak positif maupun negatif bagi kehidupan masyarakat sehingga seluruh bangsa dan Negara di dunia secara tidak langsung terikat. Think Pair Share atau berpikir berpasangan berbagi merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang dilakukan dengan cara siswa duduk berpasangan dengan kelompoknya masing-masing (dua orang). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Mayonglor Jepara yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan berupa lembar pedoman observasi, lembar observasi keterampilan guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan siklus I memperoleh persentase 65% dengan kriteria baik meningkat 85% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 70,63% dengan kriteria baik meningkat menjadi 86,25% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Persentase hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I 70% dengan kriteria baik meningkat menjadi 83% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Sedangkan presentase hasil belajar ranah psikomotorik memperoleh persentase 65,31% dengan kriteria baik meningkat 76,98% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Simpulan peneliti bahwa penggunaan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SDN 2 Mayonglor Jepara. Saran dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran guru perlu menerapkan suatu model pembelajaran untuk menciptakan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan. Untuk siswa hendaknya mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika guru menjelaskan materi, siswa tidak bermain, berbicara sendiri, atau mengganggu teman lain yang sedang mendengarkan penjelasan guru.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn, Globalisasi, Think Pair Share
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 03 Dec 2016 02:01
Last Modified: 03 Dec 2016 02:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6666

Actions (login required)

View Item View Item