Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Blok Pecahan Materi Pecahan Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Margoyoso

Fitriyana, Ana (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Blok Pecahan Materi Pecahan Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Margoyoso. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (634kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (472kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (700kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (605kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (284kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (231kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, mendeskripsikan aktivitas belajar siswa, dan menemukan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media blok pecahan materi pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Margoyoso. Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan yang ditunjukkan siswa untuk menerjemahkan, menafsirkan, dan menyimpulkan suatu konsep berdasarkan pembentukan pengetahuannya sendiri bukan sekedar menghafal. Model pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Blok pecahan adalah suatu alat peraga yang berbentuk dasar lingkaran, persegi panjang, atau persegi yang dapat dibagi sesuai dengan keinginan untuk menanamkan konsep bilangan pecahan pada siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantuan media blok pecahan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan pemahaman konsep matematika materi pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Margoyoso. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa SDN 1 Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara tahun ajaran 2015/2016. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri berbantuan media blok pecahan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika materi pecahan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siklus I 2,95 (baik) menjadi 3,38 (sangat baik) pada siklus II, didukung dengan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika pada siklus I 2,5 (cukup baik) menjadi 3,1 (baik) siklus II. Pemahaman konsep matematika siswa pada materi operasi bilangan pecahan mengalami peningkatan yang signifikan antara siklus I (66,67%), dan siklus II (80,95%). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantuan media blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Margoyoso. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 1 Margoyoso dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi pecahan pada kelas IV SDN 1 Margoyoso. Untuk itu disarankan dalam penerapan model pembelajaran inkuiri guru hanya sebagai fasilitator, pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga siswa dapat menemukan sendiri konsep dalam pembelajaran matematika

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Inkuiri, Blok Pecahan.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 03 Dec 2016 02:08
Last Modified: 03 Dec 2016 02:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6667

Actions (login required)

View Item View Item