Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Stimulus Control Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Di Sma Pgri 3 Tayu

Mu’awwanah, Fa’iqotul (2017) Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Stimulus Control Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Di Sma Pgri 3 Tayu. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (970kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (258kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (441kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (709kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (202kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Setiap manusia dalam hidupnya tidak terlepas dari masalah-masalah yang ditemui/dihadapi dan tentu ia ingin memecahkan/mengatasi masalahnya sendiri. Termasuk juga masalah dalam keluarga. Karena keluarga yang retak (broken home) maka, yang menjadi dampaknya adalah psikologis anak. Hal itu berakibat pada motivasi siswa di sekolah. Seperti motivasi rendah yang dimiliki oleh siswa kelas XI SMA PGRI 3 Tayu Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI dengan menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik stimulus control. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat praktis meliputi manfaat bagi siswa, bagi konselor dan bagi sekolah. Kajian pustaka membahas mengenai empat variabel dalam penelitian yaitu, layanan konseling kelompok, teknik stimulus control, motivasi belajar siswa, broken home. Mengenai layanan konseling kelompok meliputi: pengertian, tujuan, tahapan-tahapan, asas, unsur, tipe pendekatan, materi, kelebihan dan kekurangan konseling kelompok. Teknik stimulus control yang meliputi: pengertian, tujuan, karakteristik, prinsip-prinsip dan prosedur pelaksanaan. Kemudian motivasi belajar siswa yang meliputi: pengertian, ciri-ciri, dan peranan motivasi terhadap kedisiplinan belajar. Sedangkan broken home yang meliputi: pengertian, dan penyebab keluarga broken home. Selanjutnya penulis menyusun hipotesis penelitian tindakan ini yaitu: “Layanan konseling kelompok dengan teknik stimulus control dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA PGRI 3 Tahun Pelajaran 2016/2017.”. Penelitian dilakukan di SMA PGRI 3 pada kelas XI. Subjek penelitian ini yaitu 8 siswa yang memiliki motivasi belajar kurang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Dalam melaksanakan penelitian, digunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi dan wawancara. Kemudian analisis dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Berdasarkan hasil sebelum dan sesudah observasi konseling kelompok dengan teknik stimulus control. Pada tahap pra siklus rendahnyamotivasisiswayang dimiliki 8 siswa kelas XI SMA PGRI 3 Tayu diperoleh hasil skor rata-rata 16 (32%) kategori sangat kurang. Setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik Stimulus Control pada siklus I memperoleh hasil skor rata-rata 27 (54%) kategori cukup dan pada siklus II memperoleh hasil skor rata-rata 39 (78%) kategori baik, terjadi peningkatan sebesar 23 (46%) dari pra siklus. Sehinggadapatdisimpulkanlayanankonselingkelompokdenganteknik stimulus control dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa broken home.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing: Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Kelompok, Teknik Stimulus Control, Motivasi Belajar Siswa dan Broken Home.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Apr 2017 04:51
Last Modified: 10 Apr 2017 04:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item View Item