Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Live Modeling Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017

Mustahal , Ahmad (2017) Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Live Modeling Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (271kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (376kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (542kB) | Request a copy
[img] PDF (BAb 4) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (216kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (148kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (222kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena ada beberapa siswa kelas XI IPA 2 yang masih mempunyai prestasi belajar yang rendah, seperti ketika guru mapel menjelaskan tidak diperhatikan, nilai yang masih dibawah standar KKM, dan masih ada beberapa siswa yang tidak mengerjakan ulangan harian. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan pelaksanan layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Live Modeling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) diperolehnya peningkatan prestasi belajar siswa setelah mendapatkan layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Live Modeling. Prestasi belajar adalah perubahan tingkah laku yang penting dan diharapkan dapat mencerminkan perubahan yang terjadi sebagai hasil belajar siswa, baik yang berdimensi cipta, rasa maupun yang berdimensi karsa. Dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dapat memperoleh keberhasilan yang maksimal dalam proses belajar mengajar di dalam jenjang pendidikan SMA. Namun tidak semua prestasi dapat diraih oleh setiap siswa. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa perlu dilakukan pemberian layanan yaitu melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Live Modeling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subyek yang di teliti yaitu Siswa kelas XI IPA 2 sebanyak 8 siswa yang mempunyai prestasi belajar rendah. Variabel penelitian yaitu layanan bimbingan kelompok teknik live modeling sebagai (variabel bebas) dan peningkatan prestasi belajar siswa sebagai (variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Hasil penelitian pra siklus dalam meningkatkan prestasi belajar siswa diperoleh prosentase 35% termasuk dalam kategori kurang. Kemudian setelah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok pada siklus I memperoleh peningkatan menjadi (59%) dalam kategori cukup dan setelah dilakukan pada siklus II prestasi belajar siswa disekolah meningkat menjadi kategori baik (80%). Hal ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik live modeling dapat meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah pada siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Kesimpulan yang dapat di ambil dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik live modeling dapat efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa disekloah kelas XI IPA 2 SMA N 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelanajar 2016/2017. Dari hasil penelitian tersebut maka hipotesis (a) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik live modeling dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Nalumsari Jepara karena sudah teruji dengan memperoleh kategori (B), (b) Prestasi belajar siswa disekolah dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik live modeling pada siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Nalumsari Jepara, diterima karena telah memenuhin indikator keberhasilan dengan kategori (B).

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sunardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Siswa Bimbingan Kelompok Teknik Live Modeling
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Apr 2017 07:01
Last Modified: 27 Apr 2017 07:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6854

Actions (login required)

View Item View Item