Peningkatan Keterampilan Menentukan Kalimat Utama Pada Tiap Paragraf Dengan Menggunakan Model Sq4r Berbantuan Media Surat Kabar

Nasikah, Fakirotun (2017) Peningkatan Keterampilan Menentukan Kalimat Utama Pada Tiap Paragraf Dengan Menggunakan Model Sq4r Berbantuan Media Surat Kabar. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (486kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (573kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (896kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (150kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (130kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (133kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAmpiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (398kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru setelah diterapkannya model pembelajaran SQ4R berbantuan surat kabar pada pembelajaran bahasa Indonesia, (2)mendeskripsikan aktivitas belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran SQ4R berbantuan media surat kabar, (3) menemukan peningkatan keterampilan menentukan kalimat SQ4Rberbantuan media surat kabar pada pembelajaran bahasa Indonesia. Model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi yang membantu pemindahan informasi baru dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang, dengan menambahkan perincian informasi baru sehingga lebih bermakna dan membantu siswa mengingat apa yang mereka baca. Langkah dari SQ4R adalah (1) survey dengan mencermati teks bacaan dan mencatat serta menandai kata kunci; (2) question dengan membuat pertanyaan (mengapa, bagaimana, darimana) tentang bahan bacaan (materi bahan ajar); (3) read dengan membaca teks dan cari jawabannya. (4) reflect, yaitu aktivitas memberikan contoh dari bahan bacaan dan membayangkan konteks aktual yang relevan (5) recite dengan mempertimbangkan jawaban yang diberikan (catat bahas bersama); (6) review, dengan cara meninjau ulang menyeluruh. Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung pokok pikiran. Dalam menentukan kalimat utama yang di dalamnya terkandung pikiran pokok dapat dilakukan melalui kegiatan membaca intensif dengan menentukan kalimat utama tersebut berada pada awal paragraf, akhir paragraf, di awal dan di akhir paragraf. Adapun langkah yang dalam menentukan kalimat utama (1) membaca setiap paragraf dalam bacaan dengan cermat; (2) mencerrmati kalimat pertama, hingga akhir kalimat tersebut tentang kata kalimat utama atau ide penjelas dan teerus membaca kalimat demi kalimat hingga menemukan ide paragraf; (3) setelah menemukan ide paragraf berada di awal, akhir, awal dan akhir paragraf, maka kalimat utama sudah ditemukan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD 4 Dongos dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputilembar observasi, pedoman wawancara, panduan dokumentasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menentukan kalimat utama dengan menggunakan model SQ4R berbantuan media surat kabar yang signifikan antara tahap prasiklus yang mencapai rata-rata persentase sebesar (48%) dengan kriteria cukup, siklus I (69,82%) dengan kriteria baik, dan siklus II (75,54%) dengan kriteria baik. Peningkatan keterampilan menentukan kalimat utama di dukung dengan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa. Rata-rata keterampilan guru mrngalami peningkatan dari rata-rata persentase sebesar (74%) pada siklus I dengan kriteria baik, meningkat menjadi (85%) pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai persentase sebesar (59%) dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi (75%) dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model SQ4R berbantuan media surat kabar dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan siswa dalam menentukan kalimat utama pada paragraf.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: PEmbimbing: Dr. Murtno, M.Pd
Uncontrolled Keywords: SQ4R, Keterampilan Menentukan Kalimat Utama Tiap Paragraf.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 03:32
Last Modified: 29 Apr 2017 03:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6866

Actions (login required)

View Item View Item