Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Berbantuan Media Massa Cetak Pada Siswa Kelas V A Sd Muhammadiyah 1 Kudus

Nurdin, Afrisal (2017) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Berbantuan Media Massa Cetak Pada Siswa Kelas V A Sd Muhammadiyah 1 Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (733kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (81kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (419kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (183kB) | Request a copy
[img] PDF (BAb 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (34kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (155kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (404kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Rendahnyakemampuanberbicarasiswakelas V A semester 2 tahun 2016 SD Muhammadiyah 1 Kudus menjadialasandilaksanakanpenelitian.Kondisitersebutterjadikarenasiswa-siswitidakmemanfaatkankesempatanberpendapat yang sudahdibukaoleh guru.Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapan model pembelajaranreciprocalberbantuan media massacetakuntukmeningkatkanketerampilanberbicarasiswakelas V A SD Muhammadiyah 1 Kudus. Keterampilanberkomentarmerupakanpembicaraanberupapendapat, komentar, tanggapan, kritik, dansaran yang disampaikansiswa-siswisaatdiskusikelompokdanpembelajaranbahasa Indonesia berlangsung.Model pembelajaranreciprocaladalahrangkaiankegiatanpembelajarandalamdiskusikelompok yang empatanggotanyamemilikitugasberbedayaitupenanya, perangkum, pengklarifikasi, danprediktor.Penerapan model pembelajaranreciprocalberbantuan media massacetakdapatmeningkatkanketerampilanberbicarasiswakelas V A SD Muhammadiyah 1 Kudus disebuthipotesistindakanpenelitianini. Subjekpenelitianada 35 siswakelas V A SD Muhammadiyah 1 Kudus. Penelitiandilaksanakandalamduasiklus.Tiapsiklusadatigatahapkegiatanyaitu (1) perencanaan, (2) tindakandanpengamatan, dan (3) refleksi.Teknikpengumpulan data melaluiwawancara, pengamatan, unjukkerja, tes, dandokumentasi.Analisis data kuantitatifdankualitatifdigunakanuntukmendeskripsikanhasilpenelitian. Hasilpenelitiantentangdeskripsiketerampilan guru mengajar yang sangatmemuaskandarisiklus I 84% (Baik) kesiklus II 91,25% (SangatBaik). Peningkatanaktivitasbelajarsiswapadasiklus I 76,37 (Baik) menjadi 83,42 (Baik) padasiklus II. Akibatnyareratanilaiketerampilanberbicarasiswamenjadimeningkatdaritahapprasiklushanya 74,14 (Cukup) sedangkansiklus I 84,60 (Baik) menjadi 85,09 (Baik) padasiklus II. Kemudianketuntasanklasikalketerampilanberbicarasiswapadaprasiklus 40%, siklus I 94% dansiklus II 94%.Penelitianinimembuktikanbahwapenerapan model pembelajaranreciprocalberbantuan media massacetakdapatmeningkatkanketerampilanberbicarasiswakelas V A SD Muhammadiyah 1 Kudus. Simpulanpenelitianiniadalahpenerapan model pembelajaranreciprocalberbantuan media massacetakdapatmeningkatkanketerampilanberbicarasiswakelas V A SD Muhammadiyah 1 Kudus. Disarankan, dalammenerapkan model pembelajaranreciprocal, guru harusdapatmembimbingkelompokdiskusikecilsecaraefektif agar tiapsiswamemilikikesempatanberpendapat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaranreciprocal, media massacetak, keterampilanberbicarasiswa.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 03:40
Last Modified: 29 Apr 2017 03:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6867

Actions (login required)

View Item View Item