Peningkatan Hasil Belajar Menulis Pantunmelalui Model Make A Match Pada Siswakelas Iv Sd 01 Cengkalsewu Pati

Lestari, Mugi (2017) Peningkatan Hasil Belajar Menulis Pantunmelalui Model Make A Match Pada Siswakelas Iv Sd 01 Cengkalsewu Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (591kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (437kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (596kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (223kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (116kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (17MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (380kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapan model pembelajaranmake a matchdanmenemukanpeningkatanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranBahasa Indonesia materiPantunkelas IV SDN 01 Cengkalsewu. Hasilbelajaradalahkemampuan yang diperolehanaksetelahmelaluikegiatanbelajarmengajar.make a matchadalah model pembelajaran yang dapatKerjasamaantarsesamasiswaterwujuddengandinamis. Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpenggunaaan model Make a Match dapatmeningkatkanhasilbelajarBahasa Indonesia materipantunbagisiswakelas IV SDN 01 CengkalsewuSukoliloPati. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SDN 01 CegkalsewuSukoliloPatidengansubjek 15 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasadalah model make a match. SedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajarBahasa Indonesia.Instrumenpenelitianiniadalahwawancara, observasi, tes,,dandokumentasi. HasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaihasilbelajarBahasa Indonesia siswapadamateripantun yang cukupsignifikanantarasiklus I (66,67%), dansiklus II (86,67%), didukungDenganPeningkatanAktivitasaBelajarBahasaindonesiasiklus I Pertemuanke I (61,66%) dikategorikanbaikpertemuanke II (68%) dikategorikanbaikdidukungsiklus 2 pertemuanke I (76,33%) dikategorikanbaikdanpertemuanke II ( 86%) dikategorikanbaik. Pengelolaanketrampilan guru padasiklusI ( 69%) danpertemuanke II (73%), didukungsiklus II pertemuanke I ( 78%) danpertemuanke II (84). Hal inimembuktikanbahwapenggunaan model make a matchdapatmeningkatkanhasilbelajar. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpada IV SDN 01 CengkalsewuSukoliloPatidapatdisimpulkanbahwapenggunaan model make a matchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateripantunkelas IV SDN 01 CengkalsewuSukoliloPati. Untukitudisarankandalammenerapkan model make a match, guru harusmemberipertanyaankonsep agar siswadapatmengembangkandayaberpikirnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Make a Match, HasilBelajar, Pantun
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 06:14
Last Modified: 29 Apr 2017 06:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6885

Actions (login required)

View Item View Item