Peningkatan Kemampuan Pemecahanmasalahmateri Kerucut Berbantu Media Modifikasi Caping Gunung Menggunakan Model Problem Based Instruction Kelas V Sdn 3 Bulungcangkring

Lutfiatin, Khilmiya (2017) Peningkatan Kemampuan Pemecahanmasalahmateri Kerucut Berbantu Media Modifikasi Caping Gunung Menggunakan Model Problem Based Instruction Kelas V Sdn 3 Bulungcangkring. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (516kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (592kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (189kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (305kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (407kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitiantindakankelasinibertujuanuntuk meningkatkan kemampuanpemecahanmasalahmatematikadenganditerapkanya model Problem Based Instruction (PBI)berbantuan media modifikasicapinggunungmaterikerucutpadasiswa, aktivitas pemecahan masalah siswa, dan keterampian guru dalam pengelolaan pembelajaran. Kemampuanpemecahanmasalahmatematikaadalahkemampuansiswadalammemecahkanmasalahmelalui proses untukdapatmenemukanjalankeluarsertamempelajarihal yang barudenganberbagaikombinasi yang dilaluidanbeberapatahapanpenyelesaian. Model Problem Based Instructionmerupakanpendekatan yang efektifdalammembantusiswauntukmemrosesinformasi yang sudahadadalambenaknyadanmenyusunpengetahuanmerekasendiritentangduniasosial.Media modifikasicapinggunungmerupakan media yang digunakanuntukmembantusiswadalammemahami, merencanakan, menyelesaikandanmenyimpulkanmasalah yang diberikanterkaitmaterikerucut. PenelitianTindakanKelasiniakandilaksanakandikelasV SDN 3 bulungcangkringdengansubjekpenelitian 24siswa. Penelitianiniakanberlangsungselamaduasiklus. Setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi.Variabelbebasadalah model Problem Based Instruction (PBI) berbantuan media modifikasicapinggunung. Sedangkanvariableterikatadalahkemampuanpemecahanmasalah.Teknikpengumpulan data menggunakantekniktes, observasi, wawancara, dandokumentasi. Analisis data yang digunakanyaknianalisis data kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianinimenunjukkan (1) kemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswameningkatdariprasiklushinggasiklus II denganpresentaseketuntasanklasikalsebesar 25% meningkatpadasiklus I menjadi58,3% danmeningkatmenjadi79,2% padasiklus II, (2) Aktivitaspemecahanmasalahmatematikasiswapadasiklus I memperolehskor rata-rata 27,93dengankriteriabaikdanmeningkatmenjadi37,04padasiklus II dengankriteriabaik, (3) keterampilanmengajar guru padasiklus I memperolehskor rata-rata 71dengankriteriasangat baikdanmeningkatmenjadi 80,65padasiklus II dengankriteriasangatbaik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Instruction berbentu media modifikasi caping gunung materi kerucut dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas pemecahan masalah siswa dan keterampilan guru dalam pengelolaan belajar. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Problem Based Instruction berbantu media modifikasi caping gunung, Pengajar harus mengoptimalkan proses pembelajaran pemecahan masalah dengan menyajikan permasalahan yang menarik bagi siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan daya pikir.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction (PBI), Media ModifikasiCapingGunung, KemampuanPemecahanMasalahMatematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 06:31
Last Modified: 29 Apr 2017 06:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6886

Actions (login required)

View Item View Item