Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Model Shopping Game Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Ips Materi Jual Beli Siswa Kelas Iii Sd 3 Terbanjekulo Kudus

Mualimah, Siti (2017) Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Model Shopping Game Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Ips Materi Jual Beli Siswa Kelas Iii Sd 3 Terbanjekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (285kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (724kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (575kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (290kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (194kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (129kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lmapiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (363kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan peningkatan pemahaman konsep IPS dan mendeskripsikan aktivitas belajar siswa pada materi jual beli dengan penerapan metode bercerita berbantuan model shopping game pada siswa kelas III SD 3 Terban. Metode bercerita merupakansalah satu strategi pembelajaran dimana penyampaiannya melalui tutur kata secara lisan dengan menceritakan kisah atau suatu peristiwa dan informasi. Model Shopping gamemerupakan sejenis permainan yang dilakukan oleh sekelompok siswa dengan cara mempraktikkan proses jual beli, baik jual beli yang ada di pasar tradisional maupun jual beli yang ada di pasar modern. Pemahaman konsep merupakan kemampuan dari seseorang untuk menangkap suatu makna setelah sesuatu itu diketahui dan diingat. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas III SD 3 Terban dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Variabel bebasnya adalah penerapan metode berceritaberbantuan shopping game. Variabel terikatnya adalah peningkatan pemahaman konsep pada materi jual beli. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara kualitatif yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Sedangkan analisis data secara kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menentukan mean atau rata-rata. Hasil penelitian terdapat peningkatan pemahaman konsep IPS siswa pada materi jual beli yang cukup signifikan antara siklus I (64,7%), dan siklus II (83,3%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 63% (Cukup) menjadi 72,5% (Baik) disiklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapan metode bercerita berbantuan shopping game dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS dan aktivitas siswa pada materi jual beli siswa kelas III SD 3 Terban Jekulo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas III SD3 Terban dapat disimpulkan dengan menerapkan metode bercerita berbantuan model shopping game dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS dan aktivitas belajar siswa pada materi jual beli. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yang akan datang agar dapat lebih memahami metode bercerita dan model shopping game sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Imaniar Purbasari, S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Model Shopping Game, Pemahaman Konsep, Jual Beli
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Apr 2017 08:11
Last Modified: 29 Apr 2017 08:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6893

Actions (login required)

View Item View Item