Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Siswa Kelas Iv Materi Masalah Sosial Sd Negeri Margorejo 01 Pati

Setiyaningsih, Erna (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Siswa Kelas Iv Materi Masalah Sosial Sd Negeri Margorejo 01 Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (753kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (392kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (605kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (203kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang)
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuanuntukmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajar IPS melalui model pembelajaranThink Talk Write. ModelpembelajaranThink Talk Writeialahsuatu model pembelajaran yang dimulaidengansiswaberpikirmemecahkansuatumasalah. Kemudian, siswamengkomunikasikandenganpresentasisertadiakhiridengansiswamembuatlaporanhasilpresentasitersebut.Hasilbelajarialahpola-polaperbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi, danketerampilan.Hasilbelajarmencakupkemampuankognitif, afektif, danpsikomotorik.Hasilbelajar IPS adalahperubahan-perubahandalamdirisiswaberupakemampuankognitif, afektif, danpsikomotorikdalammateri IPS.Masalahsosialialahproblematika yang terdapat di lingkunganmasyarakat.Hipotesistindakan yang diajukanialahmelalui model pembelajaranThink Talk Writedapatmeningkatkanketerampilan guru, hasilbelajar IPS siswakelas IV materimasalahsosial SD NegeriMargorejo 01 Pati. Jenis penelitian ini ialahpenelitian tindakan kelas. Penelitian ini dengansubjekpenelitianyaitu guru dansiswakelas IV SD NegeriMargorejo 01 Pati yang berjumlah 22 siswa. Penelitiandilakukanselamaduasiklus.Setiapsiklusmeliputitahapperencanaan, tindakan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasialah model pembelajaranThink Talk Write.Kemudian, variabelterikatyaituhasilbelajar IPS.Instumenpenelitiantindakankelasiniialahobservasi, wawancara, tes, dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan (1) keterampilan guru dari siklus I sebesar 82,89%,dengankualifikasisangatbaik, meningkat 13,82% pada siklus II menjadi 96,71% dengan kualifikasisangatbaik;(2) hasilbelajarranahkognitifpadasiklus I memperoleh rata-rata persentase 77,27% dengankualifikasisangatbaikdanpadasiklus II memperoleh rata-rata persentase 100% dengankualifikasisangatbaik; (3) hasilbelajarranahafektifpadasiklus I memperolehpersentasesebesar 73,86% berkualifikasibaik, padasiklus II meningkatmenjadi 88,40% berkualifikasisangatbaik; (4) hasilbelajarranahpsikomotorikmemperolehpersentasesebesar 62,73% berkualifikasibaik, padasiklus II meningkatmenjadi 88,56% berkualifikasisangatbaik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan modelpembelajaranThink Talk Writedapat meningkatkanhasilbelajar IPS siswakelas IV materimasalahsosial SD NegeriMargorejo 01 Pati. Saran peneliti yaitu guru dapat mengembangkan penerapan modelpembelajaranThink Talk Write, siswa sebaiknya lebihkreatif,aktif, daninovatifdalampenerapan model pembelajaranThink Talk Write, sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan memfasilitasi guru untuk berinovasi dalam melaksanakan proses pembelajaranmelalui model pembelajaranThink Talk Writedan bagi peneliti dapatmengadakan penelitianlanjutanmelalui model pembelajaranThink Talk Writepadamateritertentu.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: Model PembelajaranThink Talk Write,HasilBelajar IPS, MasalahSosial.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 May 2017 02:03
Last Modified: 02 May 2017 02:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6901

Actions (login required)

View Item View Item