Pengaruh Desain Produk, Keiritan Bahan Bakar dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor

Syaifuddin, Arif (2012) Pengaruh Desain Produk, Keiritan Bahan Bakar dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (565kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (285kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (169kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang memberikan kemudahan bagi manusia. Sepeda motor merupakan salah satu dari hasil kemajuan teknologi dibidang otomotif. Dilihat dari ukuran, harga dan pengoperasiannya, sepeda motor merupakan alat transportasi yang sangat praktis. Honda merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif berasal dari negara Jepang. Honda Vario merupakan salah satu jenis produk sepeda motor keluaran Astra Honda Motor. Honda Vario memiliki desain yang menarik serta dilengkapi dengan teknologi yang sudah maju. Selain itu Honda Vario juga mempunyai berbagai pilihan warna yang menarik lainnya, sehingga semakin membuat konsumen tertarik. Persaingan yang sangat ketat dan banyaknya perusahaan yang memproduksi sepeda motor, maka perusahaan di tuntut untuk memperbaiki produknya dan meningkatkan program pemasarannya dengan cara memahami perilaku konsumen dalam proses pembelian produk sepeda motor. Kaitannya dengan keputusan pembelian produk Honda Vario, dapat disimpulkan pentingnya faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk mengambil keputusan pembelian dari suatu produk tertentu. Maka untuk itu peneliti ingin mengadakan penelitian terhadap mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus sejauh mana mereka mengetahui faktor-faktor perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda Vario tersebut. Dari perumusan masalah diatas dirumuskan pertanyaan-pertanyaan penelitian sebagai berikut : (1) Apakah desain produk, keiritan bahan bakar, dan harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario secara parsial maupun berganda khusunya pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus? ; (2) Variabel manakah diantara desain produk, keiritan bahan bakar, dan harga yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda Vario di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus? Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk menguji pengaruh desain produk, keiritan bahan bakar, dan harga secara parsial maupun berganda terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda Vario di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus. (2) Untuk menentukan manakah diantara desain produk, keiritan bahan bakar, dan harga menjadi variabel yang berpengaruh paling kuat dalam memutuskan pembelian sepeda motor Honda Vario di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus yang berjumlah 931 mahasiswa. Dalam perhitungannya dengan menggunakan rumus slovin, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 90 mahasiswa yang memiliki Honda Vario yang diambil secara kuota non random sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Dari perhitungan hasil uji t, variabel desain produk (X1) menunjukkan nilai t hitung sebesar 2,366 mempunyai  value (sig) sebesar 0,020. Melihat nilai  value (sig) yang berada di bawah nilai  (0,020 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara desain produk (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) diterima, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel keiritan bahan bakar (X2) menunjukkan t hitung sebesar 2,620 dengan  value (sig) sebesar 0,010. Melihat nilai  value (sig) yang berada di bawah nilai  (0,010 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara keiritan bahan bakar (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) diterima, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel harga (X3) menunjukkan t hitung sebesar 4,670 dengan  value (sig) sebesar 0,000. Melihat nilai  value (sig) yang berada di bawah nilai  (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara harga (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) diterima, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk perhitungan hasil uji F ternyata variabel desain produk, keiritan bahan bakar, dan harga berpengaruh secara berganda terhadap variabel keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 28,130 dengan df sebesar (3:86) yang mempunyai tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang berada dibawah 0,05, maka hal ini berarti bahwa ada pengaruh antara desain produk, keiritan bahan bakar dan harga terhadap keputusan pembelian Honda Vario secara bersama-sama. Jadi hipotesis yang mengatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara desain produk (X1), keiritan bahan bakar (X2), dan harga (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) secara bersama-sama diterima, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil persamaan analisis regresi berganda yaitu, Y = 9,783 + 0,395X1 + 0,421X2 + 0,606X3. Variabel yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario adalah variabel harga dengan hasil (0,606), diikuti oleh variabel keiritan bahan bakar (0,421), dan terakhir variabel desain produk (0,395). Artinya menurut konsumen atau mahasiswa, ketiga variabel tersebut dianggap penting ketika akan membeli sepeda motor Honda Vario. Hasil koefisien determinasi (Adjusted R square) yang diperoleh sebesar 0,478. Hal ini berarti 47,8% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel desain produk, keiritan bahan bakar dan harga, sedangkan sisanya yaitu 52,2% dijelaskan oleh sebab-sebab lain di luar variabel bebas yang tidak diteliti oleh penulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 = Dra. Mamik Indaryani, MS. Pembimbing 11 = Fitri Nugraheni, SE, MM
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Psikologi industri
Teknologi > Kendaraan bermotor. Ilmu penerbangan. Astronautika. > Kendaraan bermotor. Sepeda motor
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 11 Jan 2013 02:23
Last Modified: 11 Jan 2013 02:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item View Item