Respon Siswa SD terhadap Pembelajaran Penemuan Berbantuan Alat Peraga pada Materi Volum Balok dan Kubus

Purwaningrum, Jayanti Putri (2016) Respon Siswa SD terhadap Pembelajaran Penemuan Berbantuan Alat Peraga pada Materi Volum Balok dan Kubus. Jurnal Pendas: jurnal ilmiah pendidikan dasar, 1 (1). pp. 141-151. ISSN 2548-6950

[thumbnail of Sampul]
Preview
Image (JPEG) (Sampul)
1._Cover_Depan.jpg - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi]
Preview
PDF (Daftar Isi)
2._DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of Artiekl]
Preview
PDF (Artiekl)
3._ARTIKEL_JURNAL.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
Official URL: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas

Abstrak

Guru di SD N 4 Puyoh Kabupaten Kudus jarang melakukan proses pembelajaran melalui pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga pada materi Volum Balok dan Kubus. Hal ini disebabkan, mereka terbiasa menggunakan metode pembelajaran ekspositori dimana lebih menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari guru ke siswa. Dengan demikian, respon dari siswa dalam pembelajaran penemuan tersebut perlu untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa Sekolah Dasar terhadap pembelajaran matematika melalui pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dimana subjek penelitiannya adalah sembilan belas siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan respon positif tehadap pembelajaran matematika yang menggunakan pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga dengan persentase rata-rata siswa yang merespon positif 82,11%. Selain itu, aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang menggunakan pembelajaran penemuanberbantuan alat peraga bagus dengan persentase rata-rata aktivitas siswa 83%.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Ilmu Murni > Matematika
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Noor Athiyah
Date Deposited: 05 Aug 2017 02:49
Last Modified: 07 Aug 2017 06:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7316

Actions (login required)

View Item View Item