Rudianto, - (2012) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderating. Update Test thesis, Universitas Muria kudus.
Preview |
PDF (Hal.Judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (372kB) |
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (126kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_JADI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (970kB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
Presentasi.ppt - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (577kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh kecerdasan emosiol, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Muria Kudus. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 81 mahasiswa tingkat akhir dari Universitas Muria Kudus. Penelitian ini menggunakan metode survei yang menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Instrumen yang disusun kemudian diuji menggunakan uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolonieritas, autokorelasi, dan heterokedastisitas), dan uji hipotesis (simultan dan parsial). Berdasarkan hasil regresi linier sederhana diperoleh hasil : Dari kecerdaan emosional diketahui bahwa t hitung X1=4,076 > t tabel= (α=0,05, df=81-2=79) adalah 1,66 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05(α=5%), berarti ada pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi. Sedangkan dari kecerdaan intelektual diketahui bahwa t hitung X2=5,394 > t tabel= (α=0,05, df=81-2=79) adalah 1,66 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05(α=5%), berarti ada pengaruh antara kecerdasan intelektual terhadap pemahaman akuntansi. Dan kecerdaan spiritual diketahui bahwa t hitung X3=3,349 > t tabel= (α=0,05, df=81-2=79) adalah 1,66 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05(α=5%), berarti ada pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi. Berdasarkan hasil regresi linier berganda diperoleh hasil : dari interaksi antara kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan kepercayaan diri diperoleh nilai F hitung 7,649, 11,657, 8,371 semuanya > nilai F tabel (α=0,05, df pembilang=k=3, df penyebut=n-k-1=81-3-1=77) adalah 2,72 dengan nilai sig. 0,044, 0,040 dan 0,001 semuanya < 0,05, berarti kepercayaan diri yang kuat memiliki pengaruh positif sebagai variabel moderating yang mempengaruhi hubungan kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing I = Wahidil SE, M.Si,Akt Pembimbing II = Dennyca N. H, SE, M.Si, |
Kata Kunci: | Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), Pemahaman Akuntansi. |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Akuntansi. Perbukuan. Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Buruh. Pekerjaan, Kelas Pekerja. > Profesi (Umum). Pekerja profesional |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1) |
Depositing User: | Users 2136 not found. |
Date Deposited: | 17 Jan 2013 05:36 |
Last Modified: | 17 Jan 2013 05:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/767 |
Actions (login required)
View Item |