Khoiruzzad, Moh (2012) Pengaruh Prilaku Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa Akuntansi dengan Kecerdasan Emosional sebagai Varibel. Update Test thesis, Universitas Muria kudus.
Preview |
PDF (Hal.Judul)
Halaman_judul.pdf - Accepted Version Download (148kB) |
PDF (Bab.I)
B_A_B__I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab.II)
B_A_B__II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab.III)
B_A_B__III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab.IV)
B_A_B__IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab.V)
B_A_B__V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf - Accepted Version Download (87kB) |
PDF (Lampiran)
Lampiran1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (968kB) | Request a copy |
|
Archive (ZIP) (Aplikasi)
Amos_18.zip - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (111MB) | Request a copy |
Abstrak
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perilaku belajar sedangkan prestasi belajar sebagai variable terikat dengan kecerdasan emosional sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas akuntansi yang semester 6 dan 8 yang berjumlah 215 orang. Sampel penelitian adalah 107 siswa, karena menggunakan metode estimasi maximum likehood dengan metode proporsional random sampling. Dalam pengumpulan data digunakan metode skala likert untuk perilaku belajar yang terdiri dari kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpustakaan, kebisaan menghadapi ujian, sedangkan kecerdasan emosional yang terdiri dari pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan kemampuan sosial. Untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan metode pemeriksaan dokumen dengan melihat nilai IPK. Berdasarkan hipotesis-hipotesis yang telah dikembangkan dalam penelitian ini, maka masalah penelitian yang telah diajukan dapat dijustifikasi melalui pengujian Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan AMOS 18 for windows. Pada pengujian hipotesis digunakan taraf signifikansi sebesar 5%, hal tersebut digunakan karena nilai C.R ≥ 1,96. Parameter estimasi antara perilaku belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi mahasiswa menunjukkan bahwa perilaku belajar mempengaruhi prestasi belajar sebesar C.R. = 3,224, dan kecerdasan emosional mempengaruhi prestasi akademik sebesar C.R. = 2,896. Parameter estimasi antara perilaku belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi mahasiswa menunjukkan bahwa perilaku belajar mempengaruhi prestasi belajar secara langsung sebesar 0,182, dan secara tidak langsung melalui kecerdasan emosional sebesar 0,144. Itu berarti bahwa kecerdasan emosional memediasi pengaruh perilaku belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi Universitas Muria Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing I = Ashari,SE,Akt.,M.Si Pembimbing II = Pembimbing II |
Kata Kunci: | perilaku belajar, kecerdasan emosional, prestasi akademik |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Akuntansi. Perbukuan. |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1) |
Depositing User: | Users 2136 not found. |
Date Deposited: | 17 Jan 2013 05:44 |
Last Modified: | 17 Jan 2013 05:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/779 |
Actions (login required)
View Item |