Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Iii Sd 1 Jepangmelalui Model Realistic Mathematicseducation Berbantumediapuzzle

Indrasari, Avista (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Iii Sd 1 Jepangmelalui Model Realistic Mathematicseducation Berbantumediapuzzle. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (63kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (317kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (181kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (219kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (96kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (180kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada kelas III SD 1 Jepang setelah diterapkannya model Realistic Mathematics Education (RME)berbantu media Puzzle. Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa mengungkapkan kembali apa yang sudah dipelajari ke dalam bentuk yang mudah dimengerti. Peningkatan pemahaman konsep ini dapat dilakukan melalui penerapan model RMEyang menuntut siswa untuk menemukan sendiri konsep-konsep matematika dari dunia nyata. Penyelesaian masalah dalam model RME dibantu dengan media Puzzle yaitu media teka-teki sederhana yang diamainkan dengan cara membongkar pasang kepingan Puzzle. Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah melalui penerapan model RME berbantu media Puzzle, pemahaman konsep matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas III SD 1 Jepang dengan subjek penelitian 15 siswa berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini yaitu model RME berbantu media Puzzle. Sedangkan variabel terikat yaitu pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang yang cukup signifikan antara siklus I (75,46%) dan siklus II (80,34%), selain itu aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I 2,65 (baik) menjadi 3,08 (baik) pada siklus II. Keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran juga mengalami peningkatan pada siklus I 2,86 (baik) menjadi 3,34 (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas III SD 1 Jepang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model RME berbantu media Puzzledapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru dalam materi keliling dan luas persegi, persegi panjang. Maka dari itu disarankan guru menerapkan model RME berbantu media Puzzledalampembelajaran sebagai inovasi pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 : Henry Suryo Bintoro, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Realistic Mathematics Education, Pemahaman Konsep Matematika, Media Puzzle
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Feb 2018 04:08
Last Modified: 07 Feb 2018 04:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/7863

Actions (login required)

View Item View Item